Senin, 24 Juli 2017 00:00 WIB | Dibaca : 602
Ribuan Warga Neglasari Ikuti Kirab Budaya
Ribuan Warga Neglasari Ikuti Kirab Budaya
Ribuan Warga Neglasari Ikuti Kirab Budaya
Ribuan Warga Neglasari Ikuti Kirab Budaya

Ribuan warga dari berbagai daerah ikuti kirab budaya perayaan Sejit Kwan Tee Bio, Jalan Tong Yan, Sewan, Neglasari, Minggu (23/7). Sejumlah peserta menampilkam atraksi liong dan barongsai pada perayaan tersebut. Warga sekitar turut antusias menyaksikan iring-iringan kirab budaya.

<strong></strong>

Kegiatan tersebut diikuti tidak kurang dari 59 klenteng dari berbagai daerah. Ketua Panitia Kirab Budaya, Hendrik mengungkapkan, kegiatan selain sebagai perayaan ulang tahun Dewa Kongco Kwan Seng Tee Kun, kegiatan tersebut juga sebagai ajang silaturahmi berbagai kalangan masyarakat. Dia menyebut, peserta tidak hanya terdiri dari kalangan klenteng saja. "kita juga mempererat tali silaturahmi berbagai kalangan masyarakat. Di depan iring-iringan bahkan diawali kelompok marawis, jadi enggak hanya kalangan klenteng," ungkapnya.

Kirab budaya merupakan rangkaian kegiatan Sejit yang rutin diselenggarakan pengurus Klenteng Kwaan Tee Bio. Hendrik menambahkan, perayaan ini direncanakan digelar dua tahun sekali. Selain komunitas barongsai dan liong, turut ditampilkan sejumlah atraksi seperti parade drumband dari STPI Curug. Hendrik mengatakan, perayaan ini dimaknai juga sebagai pembersihan terhadap energi-energi negatif. peryaan diawali dengan persembahyangan kepada dewa-dewi sejak pukul 14.00 WIB.

Kirab budaya dirayakan dengan berkeliling sejauh 7, 8 Kilometer. Titik kumpul dimulai dari Vihara Kwaan Tee Bio. Panjang iring-iringan sendiri tidak kurang dari 2 Kilometer. Sejumlah personel diturunkan untuk mengatur lalu lintas. Salah satu peserta kirab, Hendra (18) mengungkapkan rutin mengiktui kegiatan tersebut. Sebelumnya di tahun 2015, dia juga sempat mengikuti kegiatan ini. "Cuma waktu itu kan enggak semeriah ini, cuma lingkungan sekitar aja, kalau sekarang meriah," pungkasnya<strong>.</strong>



Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!