Senin, 19 Juni 2017 00:00 WIB | Dibaca : 522
Asyik, KWT Nusa Jaya Panen Bayam
Asyik, KWT Nusa Jaya Panen Bayam

Kelompok Wanita Tani (KWT) di lingkungan RW 12, Kelurahan Nusa Jaya, Karawaci, Kota Tangerang menggelar panen raya sayuran jenis bayam dan kangkung. Panen tersebut merupakan hasil tanam program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang banyak digalakkan di sejumlah kelurahan di Kota Tangerang. Diharapkan panen tersebut mampu mendorong gaya hidup sehat di masyarakat.

Sudah maklum bahwa asupan makanan berpengaruh pada kesehatan. Salah satu cara memperoleh makanan yang sehat adalah dengan menanamnya sendiri. Menurut penuturan AIi Nurul Komarudin, Lurah Nusa Jaya bahwa kegiatan panen tersebut dilakukan setelah menunggu sejak sebulan yang lalu. Meski membutuhkan waktu yang cukup lama, manfaat hasil tanam itu dinilai sebanding.

“Ada beberapa jenis tanaman yang kita lakukan pembibitan, diantaranya bayam, kangkung, pare, timun dan beberapa jenis lainnya. Namun, pada hari ini hanya dua jenis tumbuhan yang baru bisa kita panen. Ini lumayan, kan,”ungkapnya.

Pria yang akrab disapa Komarudin itu menjelaskan, bahwa para kelompok wanita di wilayahnya memang sangat aktif dalam berbagai hal. Salah satunya dalam kegiatan wanita tani. Sebagian anggota KWT juga merupakan kader di Posyandu setempat. Komarudin juga mengatakan akan mendorong wanita di wilayah Nusa Jaya agar mandiri dan kreatif.

“Hampir seluruh RW di wilayah Kelurahan Nusa Jaya memiliki KWT. Dan juga kegiatan mereka sangat aktif, mampu mengubah lahan kosong menjadi produktif,” jelasnya.

Lurah Nusa Jaya berharap dengan semakin banyaknya kegiatan tani yang dilakukan di wilayahnya mampu meningkatkan roda perekonomian warganya. “Jika sudah memiliki kebun sendiri otomatis tidak perlu lagi belanja sayur mayur di pasar,” pungkasnya.

Panen yang berdekatan dengan masa lebaran itu juga dinilai efektif dalam penataan lingkungan. Umumnya, kata Komarudin, lahan yang dimanfaatkan oleh KWT merupakan lahan tidak produktif. Dengan demikian, selain mengandung niali ekonomis, KWT juga mengadung nilai estetis.



Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!