Selasa, 13 Juni 2017 00:00 WIB | Dibaca : 1696
Berkah Ramadan bagi Perajin Bedug Tangerang
Berkah Ramadan bagi Perajin Bedug Tangerang
Berkah Ramadan bagi Perajin Bedug Tangerang

Bulan Ramadan menjadi berkah tersendiri bagi perajin bedug yang ada di kota Tangerang.Permintaan pembuatan bedug dari sejumlah masjid terus mengalir ke para perajin, seperti yang tampak di kawasan Gerendeng, kota Tangerang.

Gozai, salah satu pengrajin bedug di Tangerang yang telah berproduksi sejak tahun 1980-an kini tengah kebanjiran order. Ia mengerjakan pembuatan bedug di Jln. Letda Dadang Suprapto No.7 Rt : 01 Rw : 001 Gerendeng-Karawaci , Kota Tangerang.

"Ya Alhamdulillah order ada aja dari berbagai masjid yang ada di Tangerang, atau untuk mereka yang akan dijual lagi. Pas bikin saya juga dibantu beberapa orang disini,” ujarnya

Menurut Gozai, omset usahanya pada Ramadhan 1438 Hijriah tahun ini tidak seramai beberapa tahun lalu, meski diakui saat ini juga banyak. Pesanan yang datang tidak hanya dari wilayah Tangerang, melainkan dari daerah lain, seperti Jakarta, Bogor, Serang, Bandung hingga Bekasi.

"Normalnya sehari paling banyak kami hanya memproduksi 3 sampai 4 bedug saja. Tapi pada saat ramadhan seperti sekarang, kami bisa memproduksi 20 sampai 30 bedug perharinya," ujar Gozai, Selasa (13/6).

Gozai memproduksi berbagai jenis bedug, ada bedug kayu dan bedug drum. Bedug kayu dibuat dengan bahan dasar kayu yang ditutup dengan kulit sapi. Sedangkan bedug drum dibuat dengan bahan dasar drum yang ditutup oleh kulit sapi.

Untuk setiap pesanan bedug drum dihargai mulai Rp. 1 juta – Rp 2 juta. Sedangkan untuk bedug kayu, harganya akan jauh lebih mahal



Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!