Senin, 5 Juni 2017 00:00 WIB | Dibaca : 412
Tingkatkan Kualitas, Kecamatan Periuk Galakkan PHBS
Tingkatkan Kualitas, Kecamatan Periuk Galakkan PHBS
Tingkatkan Kualitas, Kecamatan Periuk Galakkan PHBS

Bukan perkara mudah menjaga tubuh agar tetap bugar dan sehat. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sesuai anjuran ahli harus konsisten dijalani.

Karenanya sebanyak 150 kader Posyandu sekecamatan Periuk mengikuti kegiatan pembinaan guna memperbarui wawasan kesehatan masyarakat. Selain mengani PHBS, dalam kegiatan itu juga dipaparkan pentingnya menjaga diri dari penyakit tidak menular.

Selama ini, menurut Kepala Puskesmas Periuk Jaya dokter Suhendra, masyarakat cenderung memperhatikan penyakit menular, sementara penyakit tidak menular luput dari perhatian.

"Penyakit seperti kolesterol, diabetes, dan sakit jantung tidak kalah berbahaya. Jangan tunggu sakit, mulailah kebiasaan hidup sehat sejak dini," paparnya.

Menurut Kepala Seksi Kemasyarakatan, Mochamad Nasih, Keberadaan kader posyandu turut berperan dalam pengendalian penyakit tidak menular di masyarakat. Setiap bulannya, lanjut Nasih, para kader Posyandu rutin membantu pelayanan kesehatan yang dilakukan tenaga medis Puskesmas untuk balita, ibu hamil, dan orang lanjut usia (lansia).

Para Kader rutin melakukan pendataan terhadap sejumlah warga guna pemantauan. "Bahkan, jika kita ada pemeriksaan dan ada sejumlah warga tidak hadir, kita jemput bola, kita datangi rumahnya. Kegiatan ini rutin diadakan satu bulan sekali untuk balita, ibu hamil dan lansia," kata Nasih.

Nasih melanjutkan, selain pelayanan kesehatan, para kader bersama dengan tenaga medis puskesmas juga melakukan penyuluhan kesehatan, berbarengan dengan pelayanan kesehatan. Menurutnya, hal tersebut guna menginformasikan kepada masyarakat hal-hal terkait kesehatan.

Dalam menjalankan tugasnya, para kader berbekal informasi kesehatan yang didapat dari pembinaan kader oleh tenaga kesehatan di tingkat kota maupun kecamatan.

Sementara Sekretaris Kecamatn Periuk, Sumardi menambahkan, kegiatan tersebut merupakan perwujudan program kota Sehat Kota Tangerang. Dia beraharap, melalui kegiatan semacam ini, kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan dan kesehatan meningkat.

"Mari tingkatkan kepedulian terhadap lingkungan. Jangan bosan menjaga kesehatan dan lingkungan, karena kalau sudah sakit repot, biayanya mahal," ujarnya.

Kegiatan pembinaan atau pemberdayaan kader psoyandu ini ruitn dilaksanakan tiga kali dalam setahun. Ada sebanyak 72 posyandu di Kecamatan Periuk.

Setiap posyandu memiliki minimal 5 kader. Namun beberapa posyandu, kata Kasie Kemasyarakatan Nasih, ada beberapa posyandu yang memiliki lebih dari lima kader. "Jadi, kurang lebih ada 370 kader posyandu di Kecamatan Periuk



Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!