Rabu, 30 November 2016 00:00 WIB | Dibaca : 505
Merinding Dengar Suara Musik Karinding
Merinding Dengar Suara Musik Karinding

Kota Tangerang sebagai salah satu kota yang berada di Tatar Pasundan tidak lepas dari unsur kebudayaan masyarakat Sunda. Salah satunya adalah dalam bidang seni tradisional, seperti senimusik. Sebut saja senimusikKarinding.

Senimusikyang terbuat dari bambu ini bahkan disebut-sebut lebih tua dari gamelan. Salah satu kelompok yang memainkannya adalah kelompok budaya Sekar Gelo (SeniKarindingGenta Lodaya) Tangerang di bawah binaan Pimpinan Padepokan Genta Lodaya, Abah Rahayu Mustaya. Alatmusikkarindingadalah salah satu alatmusikyang ditiup. Di kelompok Sekar Gelo,Karindingdimainkan bersama alat tradisional lainnya seperti celempung dan juga seruling.

Rahayu menyatakan, rumah budaya Padepokan Genta Lodaya memang membina para pemain seni tradisional. "Kalau yang dipukul itu namanya celempung," ujarnya menujukkan alat yang dimaksud, Selasa (29/11/2016). Mendengar lembut alunankarinding, kita seolah dibawa ke zaman dahulu. "Merindingeuy saya dengarnya," ujar Rahmat salah seorang warga sekitar.

Berdasarkan berbagai literatur,Karindingbiasanya dimainkan petani saat menjaga sawah.Suarayang dihasilkan dari getaran jarumkarindingbiasanya bersuara rendah<em>low decible</em>. Suaranya dihasilkan dari gesekan pegangankarindingdan ujung jari yang ditepuk-tepakkan.Suarayang keluar biasanya terdengar sepertisuarawereng, belalang, jangkrik, burung.



Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!