Rabu, 30 November 2016 00:00 WIB | Dibaca : 826
Merinding Dengar Suara Musik Karinding
Merinding Dengar Suara Musik Karinding
Merinding Dengar Suara Musik Karinding

Kota Tangerang sebagai salah satu kota yang berada di Tatar Pasundan tidak lepas dari unsur kebudayaan masyarakat Sunda. Salah satunya adalah dalam bidang seni tradisional, seperti seni musik. Sebut saja seni musik Karinding.

Seni musik yang terbuat dari bambu ini bahkan disebut-sebut lebih tua dari gamelan. Salah satu kelompok yang memainkannya adalah kelompok budaya Sekar Gelo (Seni Karinding Genta Lodaya) Tangerang di bawah binaan Pimpinan Padepokan Genta Lodaya, Abah Rahayu Mustaya. Alat musik karinding adalah salah satu alat musik yang ditiup. Di kelompok Sekar Gelo, Karinding dimainkan bersama alat tradisional lainnya seperti celempung dan juga seruling.

Rahayu menyatakan, rumah budaya Padepokan Genta Lodaya memang membina para pemain seni tradisional. "Kalau yang dipukul itu namanya celempung," ujarnya menujukkan alat yang dimaksud, Selasa (29/11/2016). Mendengar lembut alunan karinding, kita seolah dibawa ke zaman dahulu. "Merinding euy saya dengarnya," ujar Rahmat salah seorang warga sekitar.

Berdasarkan berbagai literatur, Karinding biasanya dimainkan petani saat menjaga sawah. Suara yang dihasilkan dari getaran jarum karinding biasanya bersuara rendah<em>low decible</em>. Suaranya dihasilkan dari gesekan pegangan karinding dan ujung jari yang ditepuk-tepakkan. Suara yang keluar biasanya terdengar seperti suara wereng, belalang, jangkrik, burung.



Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!