Kamis, 24 November 2016 00:00 WIB | Dibaca : 1782
Miniatur Topeng Ondel-Ondel
Miniatur Topeng Ondel-Ondel
Miniatur Topeng Ondel-Ondel
<p dir="ltr">Ondel-ondel adalah bentuk kesenian rakyat dari suku Betawi yang sering ditampilkan dalam berbagai event. Berdasarkan kepercayaan ondel-ondel memerankan leluhur atau nenek moyang yang senantiasa menjaga anak cucunya atau penduduk suatu desa.

<p dir="ltr">

<p dir="ltr">Ondel-ondel umumnya berbentuk sangat besar dengan warna mencolok dan mengenakan pakaian dan aksesories khas betawi. beberapa orang kadang takut untuk melihat ondel-ondel ini yang kadang diperumpamakan raksasa dengan bentuk wajah yang mencolok dandanannya. Tapi kini di tangan Ucup (Pengrajin)topeng ondel-ondel ini bisa berbentuk mini dan terlihat cute atau lucu.

<p dir="ltr">

<p dir="ltr">Untuk membuat miniatur topeng ondel ondel dijelaskan Ucup cukup sulit, untuk bahan bahannya diperlukan, ersin, mat, cat alis, dan fiber, untuk adonan utama topeng, sementara untuk bahan tambahan guna mempercantik topeng ondel-ondel Ucup menggunakan cat kayu, kuas kecil, dan pilok, dan tidak lupa silikon yang berbentuk wajah sebagai cetakan.

<p dir="ltr">

<p dir="ltr">Penulis yang berkesempatan bertandang ke sanggar seni budaya betawi si Betok ini diberi tahu bagaimana tahapan pembuatan sebuah miniatur topeng ondel -ondel, ya kurang lebih seperti inilah : Tahap awal pembuatannya yaitu, campurkan semua bahan utama kedalam silikon yang berbentuk wajah, setelah itu diratakan adonan tersebut, kalo sudah merata baru jemur.

<p dir="ltr">

<p dir="ltr">"Untuk membuat miniatur topeng ondel-ondel ini ya begini lah susah-susah gampang, dan kuncinya harus memiliki kesabaran yang tinggi, soalnya klo adonanya ga merata nanti hasilnya ga bagus," ujar Ucup pengrajin miniatur topeng ondel-ondel

<p dir="ltr">

<p dir="ltr">Jika sudah kering agar tampilan miniatur topeng ondel ondel lebih menarik dan indah, bisa langsung di cat sesuai dengan warna dan motif sesuai keinginan.

<p dir="ltr">

<p dir="ltr">Awalnya Ucup juga menggeluti pembuatan ondel-ondel besar, tetapi mulai tahun lalu ada ide yang terbesit untuk membuat miniatur topeng ondel-ondel dengan bentuk mini.

<p dir="ltr">

<p dir="ltr">Untuk miniatur topeng ondel ondel ini Ucup membandrolnya dengan harga 150 ribu perpasangnya,saat ini kreasi topeng ondel-ondel mini Ucup sudah mulai dipasarkan lebih luas.

<p dir="ltr">

<p dir="ltr">Nah jika kalian ingin mengetahui uniknya membuat minuatur topeng ondel-ondel atau memesannya, langsung saja berkunjung ke Situ Cipondoh atau datang langsung ke rumah Ucup di Kampung Neroktog, Kelurahan Neroktog, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang



Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!