Rabu, 7 September 2016 00:00 WIB | Dibaca : 595
Kota Tangerang Dinilai Telah Menerapkan Konsep Smart City Secara Menyeluruh
Kota Tangerang Dinilai Telah Menerapkan Konsep Smart City Secara Menyeluruh

Komitmen Kota Tangerang dalam mewujudkan kota cerdas atau smart city menuai pujian dari berbagai pihak. Kota Tangerang dinilai telah melakukan langkah langkah yang menyeluruh dan menyentuh semua sektor. Sehingga konsep smart city yang diwujudkan sejalan dengan kebutuhan masyarakat dan dapat disejajarkan dengan penerapan smart city di negara-negara Eropa.

Hal itu terungkap saat Walikota Tangerang H. Arief R. Wismansyah menjadi nara sumber pada acara Simposium SmartCity bertajuk Improving Governance Through Information And Communication Technology, yang digelar di Auditorium Sekolah Pasca Sarjana Universitas Gadjah Mada (UGM) Jogjakarta, Rabu (7/9/16).

Para praktisi dan akademisi yang hadir dalam acara tersebut bahkan menyatakan bahwa Kota Tangerang telah memenuhi hampir semua unsur yang dibutuhkan dalam upaya perwujudan smart city.

"Apa yang saya pelajari selama tujuh semester ini, Kota Tangerang telah memenuhi hampir seluruh unsur yang dibutuhkan dalam smart city. Bahkan kita dapat melihat ini seperti apa yang diterapkan di Belanda." ujar salah seorang peserta, Azis dari Universitas Diponegoro Semarang.

untuk itu Azis mengaku kagum atas komitmen Kota Tangerang untuk sungguh-sungguh mewujudkan tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Acara yang dipandu moderator Dr. Mulya Amri, Research Fellow dari Asia Competitiveness Institute (ACI) Lee Kuan Yew School of Public Policy tersebut menampilkan beberapa nara sumber diantaranya Kota Semarang, Sidoarjo, Kota Serang, Kota Aceh dll.

dari beberapa perwakilan daerah yang hadir menyatakan tertarik dengan beberapa aplikasi yang telah dibangun oleh Kota Tangerang. Untuk itu Walikota Tangerang mempersilakan kepada pemerintah daerah terkait untuk bekerjasama yang diwujudkan dalam bentuk MoU.

"Kita rencananya tanggal 20 September ini akan mengadakan acara penandatanganan MoU dengan beberapa Pemerintah Kabupaten/Kota terkait berbagi aplikasi yang sudah dikembangkan di daerah masing-masing." ujar Walikota disela-sela acara tanya jawab tentang komitmen dan arah smart city ke depan.

Dalam kesempatan itu juga Walikota menegaskan bahwa Kota Tangerang fokus ke semua sektor, terutama sektor pelayanan kepada masyarakat. "Kita fokus ke semua sektor, karena perwujudan smart city harus dilaksanakan secara menyeluruh." pungkasnya.



Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!