Senin, 27 Juni 2016 00:00 WIB | Dibaca : 2141
Leggang Cisadane yang Melenggang Hingga ke Sekolah
Leggang Cisadane yang Melenggang Hingga ke Sekolah

Sebagai generasi muda yang aktif dan kreatif kita perlu memperlajari seni budaya khas daerah agar kelestarian seni budaya daerah tetap terjaga. Salah satu seni budaya yang bisa kita pelajari di Kota Tangerang adalah Seni Tari Lenggang Cisadane.

Tari Lenggang Cisadane ini mulai dikreasikan pada Tarun 2012 lalu. Tari Lenggang Cisadane ini merupakan Seni Tari Khas Kota Tangerang yang memadukan berbagai unsur budaya didalamnya, seperti Budaya Sunda, Betawi, Melayu, bahkan Budaya Tionghoa sekalipun. Jadi Tari Lenggang Cisadane menggambarkan keanekaragaman budaya yang ada di Kota Tangerang.

Pengenalan seni budaya sejak dini amatlah penting bagi pemeliharaan budaya. Listyana selaku Pelatih Tari Lenggang Cisadane menjelaskan bahwa pengenalan seni budaya sejak dini amatlah penting karena dengan mengenalkan seni budaya di usia dini, anak menjadi tahu seni budaya yang ada di daerahnya khususnya Seni Tari Lenggang Cisadane.

“Saya menyebarluaskan Tari Lenggang Cisadane kepada anak-anak terlebih dahulu karena perlu ada pengenalan seni budaya khususnya Tari Lenggang Cisadane kepada generasi muda,” tutur Listyana.

Listyana yang juga pernah menjuarai Tari Lenggang Cisadane di Banten mengatakan bahwa antusiasme masyarakat terutama anak-anak mengenai seni tari tradisional ini amatlah tinggi karena tidak hanya menyenangkan tetapi juga dapat menyalurkan bakat anak.

“Antusiasme masyarakat amatlah tinggi, karena tidak hanya menyenangkan tetapi juga anak dapat menyalurkan bakatnya melalui tari lenggang cisadane tersebut” Ujar Listyana.

Dengan memperkenalkan seni tari tradisional sejak dini khususnya Tari Lenggang Cisadane, diharapkan generasi muda masa kini dapat menyebarluaskan seni budaya khas Kota Tangerang agar lebih dikenal masyarakat luas.

“harapan kedepan generasi muda Kota Tangerang tahu Tari Lenggang Cisadane dan juga bisa memperkenalkan Tari Lenggang Cisadane kepada masyarakat luas. Selain itu generasi muda Kota Tangerang bisa terus berinovasi dalam menciptakan Seni Budaya khas Kota Tangerang lainnya,” Ujar Listyana yang juga melatih Tari Lenggang Cisadane dibeberapa sekolah.



Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!