Senin, 30 Mei 2016 00:00 WIB
Mari Berwisata, Menyisir Sungai Cisadane dengan Sampan dan Dayung
Mari Berwisata, Menyisir Sungai Cisadane dengan Sampan dan Dayung

“Sungai Cisadane” hemm rasanya siapa yang tidak tau aliran sungai terbesar yang melintasi Kota Tangerang ini. Walaupun sungai ini sudah tak berwarna jernih lagi, akan tetapi kita masih dapat menikmatinya sebagai lokasi wisata dengan berbagai cara.

Aliran sungai yang membelah Kota Tangerang ini dapat kita nikmati setiap saat tanpa batas, semilir angin dipinggiran sungai dapat merelaksasi fikiran dan tubuh menjadi lebih segar dari sebelumnya.

Kali ini penulis ingin mengajak pembaca untuk menikmati aliran Sungai Cisadane dengan mendayung menyisiri sungai sambil berolah raga. Ditemani dengan komunitas dayung (PODSI Kota Tangerang) penulis menikmati wisata air yang menyenangkan.

Sampan mulai didorong ketepi sungai, satu persatu personil menaiki perahu lengkap dengan dayung ditangan, dayung mulai dikayuh dari depan kebelakang, dengan cekatan dan kompak para personil mulai menyusuri sungai.

Aliran sungai terlihat tenang akan tetapi arus bawah dirasakan cukup deras, maka kekompakan mendayung akan menjadi ujung tombak perahu bergerak dengan seimbang dan lancar.

“Kita biasa latihan disini dalam seminggu ya bisa tiga kali, tapi kalau sedang ada pertandingan bisa lima kali dalam seminggu,” tutur Achmad Faisal, personil PODSI

Faisal menuturkan bahwa Sungai Cisadane ini memiliki potensi yang cukup besar, bukan hanya bermanfaat bagi komunitasnya yang menjadikan sungai sebagai sarana berlatih, akan tetapi juga dapat dinikmati masyarakat luas.

“Masyarakat bisa menyisiri sungai dengan sampan atau perahu tapi tentunya dengan tenaga yang professional dan menggunakan perlengkapan keamanan demi keselamatan, asik loh,” ucapnya lagi bersemangat sambil mendayung.

Sayapun ikut mencoba mengayuh dayung, ternyata tidak mudah loh, butuh dorongan tenaga dan kekutan, setelah beberapa trip kami kembali ditepi sungai.

Tidak hanya berperahu, kita juga bisa menikmati indahnya aliran sungai dengan sekedar duduk-duduk disepanjang bantaran sungai yang kini oleh Pemkot Tangerang sudah sebagian besar dijadikan ruang terbuka hijau.

“Santai aja disini, duduk-duduk sambil nikmatin anginnya, ya sambil bersosialisasi sambil nikmatin pemandangan, ada banyak pemancing pula. Wisata di pinggir Sungai Cisadane itu liburan murah meriah,” kata Bustomi, salah seorang penikmat Sungai Cisadane.




Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!