Jumat, 25 Oktober 2024 16:01 WIB | Dibaca : 39
Lebarkan Sayap ke Luar Negeri, UMKM Kota Tangerang Ikuti World Trade Expo Mumbai 2024
Lebarkan Sayap ke Luar Negeri, UMKM Kota Tangerang Ikuti World Trade Expo Mumbai 2024
Lebarkan Sayap ke Luar Negeri, UMKM Kota Tangerang Ikuti World Trade Expo Mumbai 2024
Lebarkan Sayap ke Luar Negeri, UMKM Kota Tangerang Ikuti World Trade Expo Mumbai 2024

Pada 17 Oktober hingga 19 Oktober 2024 lalu, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disperindagkop) mengikuti World Trade Expo di Mumbai, India. Pada kesempatan tersebut, empat UMKM dari Kota Tangerang berkesempatan untuk mengikuti pameran di India.

Pada pameran ini, para pelaku UMKM tidak melakukan transaksi secara langsung. Melainkan memajang produknya, dan akan melakukan transaksi lanjutan bersama calon pembeli dengan jumlah besar.

Salah seorang pelaku UMKM yang mengikuti World Trade Expo Mumbai 2024 adalah Rika Purnama pemilik dari CV Karunia Rempah Abadi mengaku produknya sangat dicari-cari pasar India. Salah satu produknya yang menjadi primadona adalah cengkeh.

"Market di India tentu sangat besar. Terlebih mereka membutuhkan rempah yang banyak untuk makanan yang diolah. Puji Tuhan, produk cengkeh kami menjadi primadona. Sebelumnya, saya hanya ekspor produk saya ke Cina. Sekarang, saya dapat memperluas jaringan dan sudah deal dengan salah satu perusahaan makanan yaitu Kahuja Foods untuk bekerjasama ke depannya," ungkapnya, Jumat (25/10/24).

Pelaku UMKM lainnya, Steven Kurniawan pemilik PT Alami Natural Organik dengan brand andalan Granola Addict dan Nutreasy yang menjual produk makanan sehat seperti oat dan kacang-kacangan. Selama mengikuti pameran, ia menuturkan ternyata makanan sehat sangat sedang diburu di India.

"Selama pameran, banyak potensi pembeli di sana. Ternyata, meskipun dikenal dengan makanan yang berempah kuat di India untuk pasar makanan sehat pun sangat diminati. Saat ini, saya masih berkomunikasi dengan salah satu distributor besar di India yang akan memasarkan produk kami di swalayan dan toko-toko," ujarnya.

Steven dan Rika mengungkapkan hal yang senada bahwa kesempatan yang diberikan oleh Pemkot Tangerang ini sangat baik untuk usaha yang mereka jalani. Menurut mereka, kesempatan tersebut juga menjadi motivasi untuk menjaga dan meningkatkan kualitas produk dan menjadi motivasi bagi UMKM lainnya di Kota Tangerang.

Pemkot Tangerang melalui Disperindagkop UKM juga terus berupaya meningkatkan kualitas UMKM di Kota Tangerang dengan berbagai pendampingan serta pelatihan. Sehingga, produk-produk lokal Kota Tangerang semakin dikenal baik di tingkat nasional hingga internasional.

Sebagai informasi, dua UMKM lainnya yang mengikuti World Trade Expo Mumbai 2024 adalah Valerie Crochet milik Deasy Priska yang menjual produk boneka dan aksesoris bayi dan toddler rajutan serta Uthie Mintiarto pemilik Dewi Sambi yang menjual produk fashion batik dan tenun.



kota tangerang

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!