Kamis, 24 Oktober 2024 17:07 WIB | Dibaca : 25
Pelayanan USG Gratis di Puskesmas Gebang Raya Kota Tangerang Dimanfaatkan Puluhan Ibu Hamil
Pelayanan USG Gratis di Puskesmas Gebang Raya Kota Tangerang Dimanfaatkan Puluhan Ibu Hamil
Pelayanan USG Gratis di Puskesmas Gebang Raya Kota Tangerang Dimanfaatkan Puluhan Ibu Hamil

Dinas Kesehatan (Dinkes) melalui 39 puskesmas di Kota Tangerang telah memiliki layanan USG gratis bagi para ibu hamil. Kali ini, kegiatan tersebut berlangsung di Puskesmas Gebang Raya, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang, dengan agenda USG ibu hamil trimester satu dan tiga, Kamis (24/10/24).

Kepala UPT Puskesmas Gebang Raya dr. Andi Hidayat menjelaskan, ini merupakan agenda rutin mingguan setiap Selasa dan Kamis, dan kali ini dimanfaatkan oleh lima ibu hamil untuk USG dan 20 ibu hamil untuk pemeriksaan kehamilan biasa.

“Program ini diperuntukkan untuk mendukung pelaksanaan USG ibu hamil trimester satu dan tiga, untuk para calon orang tua bisa mengetahui tumbuh kembang janinnya sedini mungkin. Yakni, memastikan ibu dan calon bayi dalam kondisi sehat,” ungkap dr. Andi.

Ia pun menjelaskan, Puskesmas Gebang raya memang sudah dilengkapi fasilitas USG trimester satu dengan metode trans-abdominal atau trans-vaginal. Ini idealnya dilakukan enam hari pasca enam hari hingga sampai 13 minggu kehamilan.

Sedangkan, pemeriksaan USG pada trimester tiga yang mencakup evaluasi presentasi janin, volume cairan ketuban, aktivitas jantung, dan plasentasi. Yakni, menilai pertumbuhan janin dan juga dapat memberikan informasi rinci tentang anatomi janin.

“Kami mengimbau kepada seluruh warga Kota Tangerang untuk melakukan pemeriksaan kehamilan dan USG di Puskesmas atau pusat kesehatan terdekat, karena dengan adanya USG dapat memonitoring tumbuh kembang janin dan kesehatan ibu. Terpenting, meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan dan membahayakan janin dan ibu,” imbaunya.

Sebagai informasi, masyarakat Kota Tangerang yang ingin memanfaatkan program USG gartis di puskesmas, dapat memantau jadwalnya di Instagram resmi masing-masing puskesmas dengan persyaratan. Mulai dari, Kartu BPJS, Buku Pink dan Kartu Keluarga.



kota tangerang

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!