Selasa, 22 Oktober 2024 14:31 WIB | Dibaca : 16
Makin Mudah, Daftar Anggota Perpustakaan Kota Tangerang Bisa Lewat Online
Makin Mudah, Daftar Anggota Perpustakaan Kota Tangerang Bisa Lewat Online

Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Tangerang membuka pendaftaran anggota baru secara online serta layanan untuk aplikasi e-book.

Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Tangerang Rana Rachdiana menjelaskan, Perpustakaan Kota Tangerang terus berinovasi memberikan kemudahan.

Salah satunya, dengan menerima pendafataran secara online serta layanan aplikasi e-book yang dapat diakses secara gratis.

“Silakan bagi warga Kota Tangerang yang ingin melakukan giat literasi, kami memberikan kemudahan dengan menyediakan layanan digital,” ujarnya.

Bagi warga Kota Tangerang yang ingin menjadi anggota baru, kini bisa daftar melalui online, cukup hanya dengan menghubungi nomor WhatsApp 0812-8793-6491. Caranya mudah, cukup mengirimkan foto kartu identitas berupa KTP-el atau Kartu Pelajar.

Setelah mengirimkan data diri, selanjutnya data akan diproses dan akan dihubungi oleh admin untuk datang ke Perpustakaan Kota Tangerang mencetak kartu anggota. Tentu, dengan hal ini sangat menghemat waktu tanpa antre.

“Selain itu, kami juga menghadirkan aplikasi e-book milik Perpustakaan Kota Tangerang yang bernama aplikasi ITangerangKota, yang sudah dapat diunduh melalui Playstore,” ujar Rana.

Di dalam aplikasi e-book terdapat 2.000 buku lebih dengan aneka ragam jenis buku, mulai dari buka referensi, buku anak, buku sejarah dan lain sebagainya.

Ia menambahkan, dengan hadirnya buku digital diharapkan minat baca warga Kota Tangerang bisa terus meningkat. Berdasarkan survei yang dilakukan bersama akademisi, terdapat kenaikan yang signifikan warga Kota Tangerang dalam membaca buku.

“Indeks Pembangun Literasi Masyarakat (IPLM) menunjukkan angka 78,14, sedangkan untuk Tingkat Kegemaran Membaca (TGM) menunjukkan angka 62,3. Kedua angka tersebut menunjukkan peningkatan dalam penyebaran literasi oleh Perpustakaan Kota Tangerang,” tambahnya.

Saat ini, Perputakaan Kota Tangerang turut serta menyukseskan program digital Perpustakaan Nasional (Perpusnas) yaitu sistem Inlislite. Merupakan sebuah sistem nasional dari Perpusnas yang dikembangkan oleh Pemkot Tangerang, sistem ini mencakup pendaftaran anggota, pengolahan bahan pustaka, serta layanan perpustakaan digital.



kota tangerang

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!