Selasa, 22 Oktober 2024 09:45 WIB | Dibaca : 183
Ini Tema Debat Pertama Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang Tahun 2024
Ini Tema Debat Pertama Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang Tahun 2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang telah menetapkan jadwal debat perdana calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 pada Rabu 23 Oktober 2024 pukul 19.00 WIB bertempat di Hotel Bidakara Jakarta.

Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia KPU Kota Tangerang Yudistira Prasasta menjelaskan, persiapan debat telah mencapai 90 persen.

Hanya ada beberapa kendala teknis di lapangan namun dipastikan akan diselesaikan pada satu hari jelang pelaksanaan bersama dengan panelis, saluran televisi dan moderator.

Yudistira mengatakan, tema yang diangkat pada debat pertama berkaitan dengan sinergitas kebijakan program pemerintah daerah dengan pemerintah pusat.

"Tema debat pertama adalah kesejahteraan, kemudian pelayanan, dan yang ketiga soal keterkaitan program Kota Tangerang dengan pemerintah pusat," jelasnya saat ditemui di Kantor KPU Kota Tangerang.

Pada debat kandidat pertama ini, Yudis memastikan melibatkan lima orang panelis dari kalangan akademisi kampus Tangerang dan Jakarta serta kalangan ulama, namun untuk identitasnya tidak dapat diungkapkan.

"Ada lima panelis yaitu dari kalangan akademisi itu dari UNIS, UNJ, STISNU kemudian UYI, satu lagi dari kalangan ulama," ujarnya.

Untuk format debat kandidat terdapat lima segmen, dimulai dari segmen pertama yakni paparan visi misi, segmen kedua pertanyaan panelis yang dijawab seluruh pasangan calon.

Segmen ketiga pertanyaan acak dimana panelis bikin pertanyaan, dan masing masing pasangan calon dapat memilihnya di sebuah tempat, segmen keempat menjadi yang menarik karena pasangan calon dapat ajukan pertanyaan, dan segmen kelima adalah penutup.

Sasaran debat kandidat ini untuk menjadi pertimbangan bagi masyarakat dalam memilih calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang lima tahun ke depan.

"Debat kandidat dapat menjadi sarana sosialisasi pelaksanaan pilkada, sekaligus menjadi masukan bagi masyarakat untuk memilih pemimpinnya," tandas Yudis.

Untuk pelaksanaan debat kandidat kedua akan dilaksanakan pada 14 November 2024, namun KPU Kota Tangerang belum dapat memastikan tempat dan waktu serta saluran penyiaraannya.



kota tangerang

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!