Kamis, 10 Oktober 2024 15:33 WIB | Dibaca : 47
Hari Kesehatan Jiwa Sedunia, Ini Tips Menjaga Kesehatan Jiwa dari Puspaga Kota Tangerang
Hari Kesehatan Jiwa Sedunia, Ini Tips Menjaga Kesehatan Jiwa dari Puspaga Kota Tangerang

Hari Kesehatan Jiwa Sedunia (HKJS) atau  World Mental Health Day (WMHD) diperingati setiap tahunnya pada tanggal 10 Oktober untuk meningkatkan kepedulian dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan mental. 

Dalam memperingati hari tersebut, Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) Kota Tangerang, di bawah naungan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Tangerang memberikan tips bagaimana menjaga kesehatan jiwa untuk masyarakat Kota Tangerang.

Ketua Puspaga Kota Tangerang Sri Damayanti mengatakan, dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Jiwa Dunia, Puspaga memiliki tips untuk masyarakat Kota Tangerang agar kesehatan jiwanya terjaga.

1. Berpikir dan memberikan afirmasi positif untuk diri sendiri

Berpikir positif dan memberikan respons positif untuk diri sendiri sangat diperlukan bagi seseorang agar terjaga mentalnya, lakukanlah hal yang dapat diterima oleh diri dan jauhkan hal yang tidak dapat diterima oleh diri.

2. Mencari dan Mencoba Hal Baru

Kebiasaan dalam harian yang terbilang monoton akan menimbulkan rasa jenuh serta stress. Dengan melakukan hal yang tidak pernah kita lakukan cenderung akan membuat rasa keingintahuan kita semakin besar untuk menekuninya.

3. Kurangi Kafein

Sebagian besar orang merupakan penggemar dari kopi, terutama seorang pekerja atau remaja yang sedang berkuliah. Seseorang yang sudah kecanduan mengonsumsinya secara berlebihan akan berdampak kurang baik bagi kesehatan mental maupun tubuh.

4. Menjauh dari Lingkungan yang Toxic

Manusia merupakan makhluk hidup yang tidak luput dari sosial. Namun dalam sebuah hubungan yang baik akan sangat berpengaruh pada kesehatan mental. Dengan cara menjauhi orang-orang atau lingkungan yang menimbulkan energi negatif pada diri kita akan membawa kebaikan pada diri kita terutama pada mental.

5. Istirahat yang Cukup

Diketahui bahwa kesehatan mental juga dipengaruhi oleh kondisi fisik. Dalam penelitian menyatakan, seseorang yang kurang tidur kemungkinan besar terserang perasaan tidak nyaman, cemas, stress dan depresi. Kemudian untuk membuat jam tidur yang normal dapat melakukan cara, tarik napas dalam-dalam lalu embuskan dan tetap menutup mata sampai beberapa menit.



kota tangerang

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!