Kamis, 19 September 2024 16:25 WIB | Dibaca : 208
Ritual 12 Tahunan Gotong Toapekong Diselenggarakan Akhir Pekan Ini, Berikut Rutenya
Ritual 12 Tahunan Gotong Toapekong Diselenggarakan Akhir Pekan Ini, Berikut Rutenya

Akhir pekan ini, perayaan Gotong Toapekong akan kembali dihelat di Kota Tangerang. Diselenggarakan 12 tahun sekali, salah satu ritual ikonik khas kebudayaan Tionghoa (Cina Benteng) dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat secara terbuka pada Sabtu, 21 September 2024.

Ketua Perkumpulan Boen Tek Bio, Ruby Santamoko menuturkan, perayaan Gotong Toapekong diperkirakan akan menyita perhatian ribuan pengunjung dari dalam maupun luar Kota Tangerang. Tidak heran, ritual berusia ratusan tahun ini akan menyajikan perayaan budaya yang luar biasa, berupa arak-arakan patung bersejarah, Dewi Kwan Im Hud Couw, di sepanjang beberapa ruas jalan Kota Tangerang.

“Perayaan Gotong Toapekong bisa kembali dinikmati oleh masyarakat luas pada akhir pekan ini, apalagi tahun ini akan sangat istimewa, karena perayaan bersejarah ini baru saja ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTb) Kota Tangerang,” ujar Ruby, Kamis (19/9/24).

Ia melanjutkan, Perkumpulan Boen Tek Bio beserta panitia resmi pelaksanaan juga telah merilis rute yang akan dilewati rombongan arak-arakan tersebut di sekitar kawasan bersejarah, Pasar Lama, Kota Tangerang. Berikut ini adalah rute proses perayaan Gotong Toapekong:

1. Titik awal di Klenteng Boen Tek Bio setelahnya akan mulai melewati Jalan Cilangkap menuju Jalan Kali Pasir.
2. Jalan Kali melewati belakang Masjid Agung Al-Ittihad menuju pertigaan Kiasnawi (depan Pendopo Bupati Tangerang) di Jalan Kisamaun.
3. Jalan Kisamaun menuju Jalan A. Dimyati (GOR Tangerang) melewati Jalan M.T Haryono sampai di pertigaan Bank Mandiri Pasar Lama/Sumber Kaca di Jalan Kisamaun.
4. Jalan Kisamaun melewati pertigaan Litang Khongcu Bio menuju Klenteng Boen Tek Bio lagi.
5. Titik akhir (finish) akan berhenti di Klenteng Boen Tek Bio.

Selain itu, Perkumpulan Boen Tek Bio beserta panitia resmi juga telah menyediakan posko medis, posko keamanan, dan posko konsumsi serta water station yang ditempatkan di sejumlah titik stretagis di sekitar rute pelaksanaan perayaan Gotong Toapekong.

“Kami juga berharap para pengunjung nanti dapat menjaga keamanan, ketertiban dan kebersihan demi kesukseskan perayaan besar 12 tahun sekali ini,” pungkasnya.



kota tangerang

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!