Jumat, 13 September 2024 18:01 WIB | Dibaca : 156
Kapan Musim Hujan 2024 Tiba? BPBD Kota Tangerang Imbau Masyarakat Tetap Waspada

Setelah melewati cuaca panas, September 2024 ini diketahui sejumlah wilayah Indonesia sudah mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Tak terkecuali Kota Tangerang yang beberapa hari ini turun hujan dengan intensitas beragam.

Menurut keterangan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Indonesia baru akan memasuki musim penghujan secara bertahap mulai akhir September sampai awal Oktober 2024. Diketahui, hujan belakangan ini hanya bersifat gangguan singkat.

Plt Kalak BPBD Kota Tangerang Ubaidillah Ansar mengimbau masyarakat untuk tetap waspada akan bencana yang kerap datang di waktu pergantian musim.

“Waspada kekeringan, hujan dengan intensitas tinggi yang mengakibatkan banjir, hingga pohon tumbang. Masyarakat harus waspada dan terus berhati-hati,” ungkap Ubaidillah, Jumat (13/9/24).

Kata Ubaidillah, pohon tumbang menjadi salah satu yang perlu diwaspadai saat ini. Terbaru, pohon tumbang telah terjadi di Jalan Mochammad Yamin atau jalur Pengadilan Negeri Tangerang, pada Jumat (13/9) pagi.

“Kejadian kegawatdaruratan seperti ini dapat segera dilaporkan melalui emergency call center 112 dan nomor piket BPBD 24 jam di 021-5582-144,” tegasnya.

Ia pun mengimbau, masyarakat untuk mempersiapkan diri dengan matang, untuk menghadapi potensi bencana. Warga bisa mengajukan kegiatan edukasi dari BPBD Kota Tangerang. Yakni, dengan peserta mulai dari pelajar, perhotelan, industri atau pun warga umum.

“Pelatihan kebencanaan ini, bisa diajukan dengan surat yang ditujukan kepada BPBD Kota Tangerang atau melalui aplikasi SiLantang atau melalui laman http://silantang.tangerangkota.go.id/,” jelas Ubaidillah.

“Tak kalah penting, menyiapkan tas siaga bencana untuk mengantisipasi kebutuhan ketika terjadi bencana atau keadaan darurat sebelum datangnya bantuan. Mulai dari alat penerangan, makanan ringan tahan lama, uang tunai, peluit, masker dan hand sanitizer, dokumen dan surat berharga, pakaian ganti tiga hari, obat-obatan dan perlengkapan P3K, ponsel dan powerbank,” tambahnya.



kota tangerang

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!