Senin, 2 September 2024 15:23 WIB | Dibaca : 260
Indeks Inflasi Periode Agustus di Kota Tangerang Stabil di Angka 2,65 Persen

Kota Tangerang kembali melanjutkan tren positif di bidang pertumbuhan ekonomi. Terbaru, indeks inflasi di Kota Tangerang dalam kondisi stabil dengan angka 2,65 persen.

Asisten Daerah Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kota Tangerang Ruta Ireng Wicaksono menuturkan, berdasarkan data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Tangerang, indeks inflasi pada Agustus 2024 mengalami sedikit kenaikan dari bulan sebelumnya.

Namun, angka tersebut masih menunjukkan skala kondisi yang stabil bila dibandingkan dengan beberapa bulan sebelumnya, seperti Mei (2,95 persen), Juni (2,82 persen), Juli (2,48 persen), dan Agustus (2,65 persen).

“Berdasarkan data yang baru dipublikasikan, menunjukkan stabilitas angka inflasi dalam beberapa bulan terakhir. Bulan ini, indeks inflasi ‘year on year’ hanya 2,65 persen disertai Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 105,7” ujar Ruta, Senin (2/9/24).

Tidak hanya itu, indeks inflasi Kota Tangerang pada bulan ini menunjukkan kondisi lebih baik bila dibandingkan periodesasi awal semester kedua pada tahun-tahun sebelumnya. Tercatat, perbandingan indeks inflasi tersebut sebesar 0,16 persen, yakni Agustus (2023) sebesar 2,81 persen dan Agustus (2024) sebesar 2,65 persen.

Selanjutnya, stabilitas indeks inflasi bulan ini juga didukung dengan perkembangan deflasi yang signifikan di beberapa komoditas penting, seperti daging, ayam ras, telur ayam ras, bawang merah, daging sapi, tobat, tempe dan sayur-sayuran.

“Indeks bulan ini tergolong dalam kondisi yang stabil untuk menopang pertumbuhan perekonomian lokal di Kota Tangerang. Apalagi, berdasarkan perhitungan ‘month to month’ mengalami inflasi hanya sebesar 0,04 persen dan ‘year to date’ hanya sebesar 1,13 persen,” tambahnya.

Selain itu, indeks inflasi yang stabil ini diharapkan mampu mendorong optimalisasi pertmbuhan ekonomi pada semester ke dua 2024 di Kota Tangerang secara lebih baik.



kota tangerang

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!