Senin, 2 September 2024 15:21 WIB | Dibaca : 307
Kembangkan Cagar Budaya Unggulan, Pemkot Tangerang Lakukan Kajian Delineasi Kawasan Pasar Lama
Kembangkan Cagar Budaya Unggulan, Pemkot Tangerang Lakukan Kajian Delineasi Kawasan Pasar Lama

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang terus berkoordinasi dengan segala lapisan dalam rangka menindaklanjuti pengembangan kawasan Pasar Lama sebagai salah satu kawasan cagar budaya di Kota Tangerang. Belum lama ini, Pemkot Tangerang telah memasuki tahapan kajian delineasi terhadap kawasan bersejarah di Kota Tangerang tersebut.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang Rizal Ridolloh menuturkan, Pemkot Tangerang telah bekerja sama dengan Tim Ahli Cagar Budaya (TACB), Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) VIII wilayah kerja Jakarta-Banten, Universitas Trisakti dan akademisi untuk melakukan kajian lebih lanjut mengenai delineasi Kawasan Pasar Lama.

“Kami mulai menjajaki proses kajian delineasi yang mana akan mengakomodasi pembahasan mengenai garis batas untuk menandai kawasan Pasar Lama sebagai situs cagar budaya yang harus dilestarian secara baik,” ujar Rizal, Senin (2/9/24).

Ia melanjutkan, Pemkot Tangerang akan terus melakukan kajian delineasi Kawasan Pasar Lama secara berkala. Tidak hanya itu, Pemkot Tangerang menargetkan dapat mematangkan hasil kajian delineasi tersebut dalam 1-2 bulan ke depan.

Terlebih, proses kajian delineasi tersebut merupakan upaya tindak lanjut dari Peraturan (Perda) Kota Tangerang No. 3 Tahun 2018 mengenai cagar budaya di Kota Tangerang.

“Kami juga mengapesiasi kesediaan dari berbagai lapisan pihak yang telah mendukung serta berpartisipasi dalam proses kajian yang akan dilakukan secara berkala dalam beberapa waktu mendatang,” tambahnya.

Selain itu, kajian delineasi tersebut diharapkan dapat mengembangkan Kawasan Pasar Lama menjadi salah satu cagar budaya yang potensial, serta memiliki daya tarik luar biasa menjadi kawasan wisata sejarah, budaya dan kuliner unggulan di Kota Tangerang.



kota tangerang

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!