Kamis, 29 Agustus 2024 17:21 WIB | Dibaca : 801
Dinkes Kota Tangerang: Yuk Cegah Stunting dengan Jadi Remaja Bebas Anemia

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang dr. Dini Anggraeni menyatakan, kesehatan yang optimal bagi wanita, perlu disiapkan jauh sebelum kehamilan. Bahkan, dari sejak remaja harus disiapkan untuk memiliki kebiasaan yang baik di bidang kesehatan, agar menurunkan generasi yang juga sehat. Salah satunya, remaja yang bebas anemia.

“Meski bisa menyerang semua orang, dibandingkan remaja putra, remaja putri berisiko lebih tinggi mengalami anemia. Salah satu alasannya karena remaja putri mengalami menstruasi setiap bulannya,” jelas dr. Dini, Kamis (29/8/24).

Karenanya, kata dr.Dini, pencegahan anemia perlu dilakukan. Salah satunya dengan pemberian Tablet Tambah Darah (TTD) dalam proses pertumbuhan remaja. Dalam hal ini, 39 puskesmas secara rutin melakukan pendistribusian TTD ke sekolah-sekolah di Kota Tangerang, yang disertai dengan edukasi.

“Remaja putri yang menderita anemia ketika jadi ibu hamil berisiko menyebabkan kematian ibu melahirkan, bayi lahir prematur, berat bayi lahir rendah hingga stunting. Maka, yuk cegah dengan minum tablet tambah darah. Dianjurkan, minum TTD secara teratur satu tablet seminggu sekali atau 52 tablet selama setahun,” paparnya.

Ia pun mengimbau, jangan minum TTD saat kondisi perut kosong, konsumsi buah-buahan sumber vitamin C, minum dengan air putih, konsumsi makanan gizi seimbang sebelum minum TTD dan jangan minum TTD dengan teh, kopi atau susu karena bisa menghambat penyerapan zat besi.

“Jangan khawatir, bila terasa perih di ulu hati, mual, serta tinja berwarna kehitaman kondisi ini akan berkurang karena tubuh menyesuaikan,” katanya.



kota tangerang

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!