Rabu, 28 Agustus 2024 14:37 WIB | Dibaca : 977
Kota Tangerang Zero Kasus Mpox, Dinkes Imbau Masyarakat Tetap Waspada

Beberapa waktu belakangan ini, ditemukan banyak kasus positif mpox atau cacar monyet di berbagai negara. Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Kesehatan mengimbau masyarakat Kota Tangerang untuk terus menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sebagai salah satu upaya pencegahan.

Kepala Dinas Kesehatan dr. Dini Anggraeni mengatakan, di Kota Tangerang hingga saat ini tidak ditemukan kasus positif mpox. Meski demikan, masyarakat tetap diminta untuk waspada dan terus menerapkan PHBS.

"Penyebaran mpox ini melalui kontak erat baik secara langsung maupun tidak langsung. Seperti kontak fisik termasuk hubungan seksual. Lalu, penularan tidak langsung seperti melalui benda-benda. Jadi, apabila seseorang menyentuh atau menggunakan barang yang terinfeksi mpox maka dapat terpapar," jelasnya.

Ia melanjutkan, fasilitas kesehatan di Kota Tangerang juga telah siap untuk menangani kasus mpox. Tracing juga akan dilakukan apabila dalam satu rumah terdapat orang yang terinfeksi mpox.

"Jika sudah terinfeksi atau terpapar maka kontak erat harus dicari. Nanti, setelah dilakukan pemeriksaan laboratorium maka akan dapat dilakukan tindak lanjutnya seperti apa," lanjutnya.

Maka dari itu, dr. Dini mengimbau masyarakat Kota Tangerang agar tetap menerapkan PHBS. Sehingga, pencegahan dapat dimulai dari sendiri.

"Paling utama adalah bagaimana kita melakukan pencegahan sehingga tidak terjadi dan memutus penularan agar tidak menyebar. Maka, PHBS menjadi salah satu kunci utama dalam upaya pencegahan," tutupnya.



kota tangerang

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!