Kamis, 22 Agustus 2024 18:45 WIB | Dibaca : 682
Swiss German University Pamerkan Sistem Monitoring Serangan Siber di Tangerang Digifest Vol.2
Swiss German University Pamerkan Sistem Monitoring Serangan Siber di Tangerang Digifest Vol.2

Swiss German University (SGU) merupakan satu dari delapan perguruan tinggi yang menampilkan inovasi digitalnya di event Tangerang Digital Festival (Digifest) Vol.2 yang berlangsung di Lapangan Alun-Alun Kota Tangerang.

Salah satu inovasi yang ditampilkan yaitu sistem monitoring serangan siber. Sistem ini telah dimanfaatkan oleh 15 kampus di Indonesia yang telah bekerja sama dengan SGU.

Mahasiswa SGU Jason Aljenova Christli mengatakan, sistem monitoring serangan siber diciptakan untuk mendeteksi serangan siber sekaligus membuktikan bahwa serangan siber memang ada.

"Jadi dashboard ini fungsinya mendeteksi setiap kali serangan siber yang masuk. Dashboard akan menampilkan taktik dan prosedur serta tujuan serangan yang dilakukan oleh hacker," ujarnya.

Saat ini pemanfaatannya SGU telah bekerja sama dengan 15 kampus di Indonesia. Untuk mendeteksi serangan siber sensor dari sistem ini telah dipasang di kampus tersebut.

"Di dalam dashboard juga menampilkan jumlah serangan siber seperti terlihat 30 hari terakhir ini tercatat 18 juta serangan siber serta mendeteksi asal negara yang melakukan serangan siber," ujarnya.

Tak hanya membuktikan bahwa serangan siber benar-benar nyata, sistem ini untuk membuktikan bahwa Indonesia membutuhkan tenaga siber security.

"Ke depan, SGU memiliki project yang bekerja sama dengan Badan Siber Sandi Negara (BSSN) untuk membuat monitoring siber security. Selain itu juga kerja sama dengan asosiasi penyelenggara internet di Indonesia," pungkasnya.



kota tangerang

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!