Senin, 12 Agustus 2024 16:07 WIB | Dibaca : 672
Catat Peningkatan di Semester Pertama, Ini 5 Sektor Usaha Penyumbang Investasi Terbesar di Kota Tangerang

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang belum lama ini merilis capaian realiasi investasi yang terus meningkat secara signifikan. Berdasarkan perbandingan Year on Year, realisasi investasi pada Triwulan II tahun 2024 dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya mengalami peningkatan sebesar 79,64 persen dengan total serapan mencapai Rp3,97 triliun.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Tangerang Sugihharto Achmad Bagdja menuturkan, peningkatan capaian realisasi investasi secara signifikan tersebut tidak bisa dilepaskan dari kontribusi perkembangan berbagai sektor usaha yang selama ini telah menyumbangkan pendapatan daerah lewat investasi di Kota Tangerang.

“Kota Tangerang pada periode ini menunjukkan peningkatan capaian realiasi investasi secara luar biasa, hal ini tidak bisa dilepaskan dari pengaruh semua lapisan, mulai dari pemerinah, investor, sampai pelaku usaha yang telah bersama-sama membangun iklim perekonomian dan investasi yang produktif di Kota Tangerang,” ujar Sugihharto, Senin (12/8/24).

Ia melanjutkan, beberapa sektor usaha juga telah menyumbangkan realiasi investasi pada Triwulan II tahun 2024 di Kota Tangerang secara dominan. Beberapa sektor usaha penyumbang realisasi investasi terbesar di Kota Tangerang, di antaranya:

1. Sektor properti (perumahan, kawasan industri, dan perkantoran) dengan persentase sebesar 42 persen (Rp1,6 triliun)
2. Sektor perdagangan dan resparasi dengan persentase sebesar 14 persen (Rp559,4 miliar)
3. Sektor transportasi, gudang, dan telekomunikasi dengan persentase sebesar 13 persen (Rp506,1 miliar)
4. Sektor jasa dan lain-lainnya dengan persentase sebesar 10 persen (Rp384,5 miliar)
5. Sektor industri karet dan plastik dengan persentase sebesar 6 persen (Rp236,36 miliar)

Selain itu, Pemkot Tangerang berharap kontribusi sektor usaha di atas dapat mendorong peningkatan sektor-sektor usaha lainnya agar dapat berkontribusi maksimal dalam capaian realisasi investasi di Kota Tangerang dalam beberapa waktu mendatang.

“Selain beberapa sektor usaha tadi, juga masih terdapat sektor-sektor lainnya yang turut berkontribusi meningkatkan capaian realisasi investasi di Kota Tangerang, seperti industri kendaraan bermotor, industri mesin, industri farmasi, industri tekstil dan sebagainya,” pungkasnya.



kota tangerang

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!