Kamis, 8 Agustus 2024 14:46 WIB | Dibaca : 840
Catat Tren Positif, Kota Tangerang Konsisten Turunkan Angka Pengangguran Terbuka Setiap Tahun
Catat Tren Positif, Kota Tangerang Konsisten Turunkan Angka Pengangguran Terbuka Setiap Tahun
Catat Tren Positif, Kota Tangerang Konsisten Turunkan Angka Pengangguran Terbuka Setiap Tahun

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang terus berkomitmen mengentaskan angka pengangguran di Kota Tangerang. Tidak tangung-tanggung, Pemkot Tangerang berhasil menurunkan angka Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) dari tahun ke tahun secara konsisten.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Tangerang Ujang Hendra Gunawan menuturkan, Pemkot Tangerang selama ini dinilai mempunyai sederet kebijakan strategis dan program unggulan yang efektif menurunkan angka pengangguran di Kota Tangerang.

Berdasarkan data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Banten menunjukkan, Kota Tangerang dalam tiga tahun terakhir berhasil menurunkan angka pengangguran secara konsisten, mulai dari 2021 (9,07 persen), 2022 (7,16 persen), dan terakhir pada 2023 (6,76 persen).

“Kami selama ini terus mengoptimalisasi program unggulan untuk meningkatkan penyerapan tenaga kerja di Kota Tangerang, mulai dari Job Fair Virtual yang telah berhasil menyerap 20 ribu lebih tenaga kerja, Balai Latihan Kerja (BLK) yang telah diikuti 2.523 peserta, Mobil Si Praja yang telah diikuti 1.069 peserta, sampai aplikasi Tas Loker yang terus dikembangkan sampai sekarang,” ujar Ujang, Kamis (8/8/24).

Ia melanjutkan, angka pengangguran di atas juga menunjukkan bahwa Kota Tangerang berhasil menjadi kabupaten/kota dengan angka pengangguran terendah kedua di Provinsi Banten di bawah Kota Tangerang Selatan.

Tidak hanya itu, Kota Tangerang bahkan pernah meraih Penghargaan Kinerja Insentif Fiskal di kategori Upaya Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem pada tahun 2023 kemarin.

“Kami juga terus menjalin kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mencetak angkatan kerja yang produktif untuk menekan angka pengangguran di Kota Tangerang, salah satunya dengan mengembangkan Bursa Kerja Khusus (BKK) di sekolah menengah kejuruan (SMK) menggunakan pendekatan yang relevan dengan kebutuhan perusahaan dan industri di Kota Tangerang,” tambahnya.

Selain itu, Pemkot Tangerang berharap catatan tren positif tentang penurunan angka pengangguran di Kota Tangerang seiring dengan perkembangan, pertumbuhan dan kemajuan perekonomian di Kota Tangerang.



kota tangerang

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!