Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Dr. Nurdin, menghadiri sekaligus membuka acara Penjurian Duta Aspirasi Publik 2024, di mana dari acara yang diselenggarakan dari tanggal 22 Februari 2024 hingga 19 Agustus 2024, telah terpilih 8 (delapan) mahasiswa Kota Tangerang sebagai finalis yang nanti akan bersaing untuk menjadi Juara Duta Aspirasi Publik 2024.
Dalam kesempatannya, Pj Wali Kota, menyampaikan pentingnya acara Pemilihan Duta Aspirasi Publik sebagai wujud pengelolaan aduan masyarakat yang menjadi salah satu komponen dalam penyelenggaraan pelayanan publik dengan melibatkan partisipasi masyarakat khususnya di Kota Tangerang.
"Pemerintah baik pemerintah pusat dan juga daerah memiliki tanggung jawab untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakatnya. Namun, tentunya agar pelayanan dapat lebih optimal dan dapat menyasar secara merata ke seluruh lapisan masyarakat, maka perlu partisipasi dan keterlibatan dari masyarakat itu sendiri dalam mengaspirasikan kebutuhan-kebutuhannya. Disinilah, peran penting Duta Aspirasi Publik untuk membangun resonansi dan mengamplifikasi berbagai aspirasi dan kebutuhan masyarakat kepada Pemerintah," tutur Pj Wali Kota, dalam sambutannya saat membuka acara yang digelar di Ruang Rapat Akhlakul Karimah Gedung Puspem Kota Tangerang, Senin, (05/08).
Lebih lanjut, Dr. Nurdin, mengungkapkan, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang berkomitmen untuk senantiasa membuka akses seluas-luasnya terhadap aspirasi dari masyarakat dengan menyediakan berbagai program dan layanan aduan masyarakat Kota Tangerang.
"Berbagai kanal telah kami sediakan mulai dari Layanan Aspirasi Kotak Saran Anda atau LAKSA, ada SP4N Lapor, bahkan Pemkot juga menyediakan saluran-saluran melalui media sosial seperti instagram dan website serta super Apps Tangerang Live. Ada juga Tangerang Live Room sebagai media untuk memonitor perkembangan kota, yang semuanya dibangun supaya masyarakat bisa menyampaikan aspirasinya," beber Dr. Nurdin.
"Nah, hal ini juga menjadikan peran Duta Aspirasi Publik menjadi semakin penting sebagai perpanjangan tangan dari Pemkot untuk menyosialisasikan kanal-kanal tersebut, disamping tentunya menjadi penyambung lidah bagi masyarakat," imbuhnya.
Selain itu, mantan Kepala Pusdatin Kemendagri tersebut, juga berharap agar para Finalis Duta Aspirasi Publik dapat menjadi agen perubahan yang dapat mengedukasi masyarakat dalam penyampaian aspirasinya.
"Diharapkan adanya Duta Aspirasi, masyarakat juga dapat lebih bijak dan terarah dalam melaporkan aduan-aduan serta aspirasi-aspirasinya kepada pemerintah," tukas Pj.
Dalam kegiatan tersebut, juga dilakukan Perjanjian Kerja Sama Antara Pemkot Tangerang dengan PT PLN (Persero) UP3 Cikokol serta dengan BPJS Kesehatan Kota Tangerang terkait Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik di Kota Tangerang.
"Ini merupakan upaya memperluas akses layanan aspirasi bagi masyarakat sebagai wujud komitmen bersama dalam pengelolaan pengaduan pelayanan di Kota Tangerang, sehingga jika ada pengaduan dari masyarakat terkait bidang tugas PLN dan BPJS di Laksa, misalnya pemadaman listrik ataupun terkait kepesertaan jaminan kesehatan, bisa langsung ditindaklanjuti bersama-sama," tandas Dr. Nurdin.