Selasa, 13 Februari 2024 16:31 WIB | Dibaca : 488
Harga Beras Naik, Warga Kota Tangerang Akui Terbantu dengan Gerakan Pangan Murah
Harga Beras Naik, Warga Kota Tangerang Akui Terbantu dengan Gerakan Pangan Murah
Harga Beras Naik, Warga Kota Tangerang Akui Terbantu dengan Gerakan Pangan Murah

Warga Kota Tangerang merasa sangat terbantu dengan Gerakan Pangan Murah (GPM) on the road, yang digelar Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang di sepanjang Februari ini. Bahkan, warga sampai rela mengantre untuk dapat membeli beras dengan harga murah.

Dalam Gerakan Pangan Murah on the road di 39 lokasi yang teraebar di 13 kecamatan ini, dijual beras SPHP seharga Rp52 ribu per lima kilo atau Rp10.400 per liternya. Angka ini, dipastikan jauh dari harga pasaran yang saat ini tertinggi diangka Rp14 ribu.

“Saya beli beras lima kilogram hanya Rp52 ribu kalau di luaran bisa Rp70 ribu lebih. Ini membantuk sekali, karena sekarang harga beras sudah naik, jadi bazar ini lumayan mengurangi pengeluaran. Setidaknya, selisihnya bisa dipake buat beli beras atau gula satu kilo,” ujar Lianah, warga Kelurahan Alam Jaya, Kecamatan Karawaci.

Hal senada juga diungkapkan, Almanda warga Pasir Jaya Kecamatan Jatiuwung yang menuturkan program bazar seperti ini bisa diperluas lagi titiknya, dan masa pelaksanaannya dirutinkan. Pasalnya, selain beras komoditi lainnya benar-benar di bawah harga pasaran yang saat ini tengah naik, seperti cabai-cabaian.

“Buat kami ibu-ibu, selisih Rp1 ribu atau Rp2 ribu aja kami kejar, apa lagi ini yang selisihnya diatas Rp10 ribu bahkan Rp15 ribu per komoditinya. Titiknya di mana pun, pasti kami kaum ibu-ibu kejar. Ini sangat membantu kami,” seru Almanda.

Sementara itu, Kepala DKP Kota Tangerang Muhdorun menuturkan, jadwal pelaksanaan GPM on the road 39 lokasi sepanjang Februari bisa dicek di Instagram @dkp.tangerangkota. Tercatat, penjualan beras pada GPM on the road sudah 2.644 karung ukuran 5 kilo, dan 739 paket yang berisi beras 5 kilo, gula 1 kilo dan minyak 1 liter.

DKP Kota Tangerang juga telah melakukan pemantauan dan pengawasan stok persediaan pangan termasuk beras, baik di pasar maupun agen-agen di Kota Tangerang. Ditujukan untuk memastikan tidak adanya stok pangan yang ditimbun.

“Kemudian DKP Kota Tangerang juga bekerja sama dengan BULOG Tangerang untuk memperbanyak agen atau toko beras yang menyediakan beras SPHP BULOG agar masyarakat lebih mudah mendapatkan beras SPHP,” katanya.

Diketahui, sejumlah komoditi yang tersedia di Gerakan Pangan Murah on the road selain beras, ialah gula pasir Rp16 ribu per kilo, minyak goreng Rp13.500 per liter, frozen food mulai dari Rp15 ribuan, daging ayam Rp28 ribu per ekor, daging sapi Rp95 ribu per kilo serta telur dan aneka cabai yang juga di bawah harga pasaran.



gpm pangan murah kota tangerang

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!