Senin, 15 Januari 2024 16:58 WIB | Dibaca : 615
DKP Kota Tangerang Lakukan Pembinaan dan Penyuluhan Pertanian di KWT Mina Lestari
DKP Kota Tangerang Lakukan Pembinaan dan Penyuluhan Pertanian di KWT Mina Lestari
DKP Kota Tangerang Lakukan Pembinaan dan Penyuluhan Pertanian di KWT Mina Lestari

Gerakan percepatan tanam, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang gencar melakukan pembinaan dan penyuluhan pertanian ke Kelompok Wanita Tani (KWT) di Kota Tangerang. Kali ini, penyuluhan dan pembinaan berlangsung di KWT Mina Lestari, RW 12, Perumahan Villa Ilhami, Kelurahan Panunggangan Barat, Kecamatan Cibodas, Senin (15/1/24).

Kepala DKP Kota Tangerang, Muhdorun mengungkapkan dalam program ini tim DKP memberikan penyuluhan terkait pemanfaatan perkarangan rumah. Teknik penanaman, pengembangan hingga panen yang baik dan tepat sesuai jenis-jenis tanamannya.

“Mengedukasi masyarakat khususnya ibu-ibu KWT memanfaatkan lahan perkarangan menjadi lahan produktif yang selain bisa menghasilkan pendapatan rumah tangga, juga menjadikan perkarangan asri dan enak dipandang. Terlebih, KWT yang sukses kerap menjadi lokasi kunjungan sekolah, instansi atau daerah lainnya,” ungkap Muhdorun.

Kata Muhdorun, dengan gerakan percepatan tanam, semua warga disetiap rumah tangga masing-masing diajak untuk mengolah lahan perkarangan yang luasnya minimal 20 meter persegi dengan menanami berbagai jenis tanaman pangan atau umbi-umbian.

“Mulai dari sayur bayam, kangkung, terong, cabe atau rimpangan seperti jahe, lengkoas dan sereh. Lewat perkarangan ini, kebutuhan dapur rumah tangga lebih dari 30 persen akan dihasilkan dari perkarangan sendiri. Dan tentunya, jika konsisten dan komitmen bercocok tanam itu dilakukan, ketahanan pangan di Kota Tangerang akan aman,” tegasnya.

“Dalam kegiatan ini, DKP Kota Tangerang juga menyalurkan bantuan bibit, untuk para warga memulai bercocok tanam di perkarangan rumahnya. Sedangkan KWT Mina Lestari dapat mengembangkan lahan yang dipunya, serta menjadi mentor untuk warga lainnya,” sambung Muhdorun.



dkp kota tangerang pembinaan penyuluhan

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!