Jumat, 15 Desember 2023 21:43 WIB | Dibaca : 454
Berhasil Terapkan Meritokrasi, Konsistensi Pemkot Tangerang Layak Diapresiasi

Catatan keberhasilan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang tidak hanya diakui di bidang pembangunan infrastruktur dan pelayanan masyarakat semata. Baru-baru ini, Pemkot Tangerang juga diganjar penghargaan bergengsi atas keberhasilannya menerapkan sistem meritokrasi secara konsisten dalam mekanisme kepegawaian dan birokrasi di Kota Tangerang.

Keberhasilan Pemkot Tangerang dalam menerapkan sistem meritokrasi ini juga mendapatkan catatan positif dari pengamat kebijakan publik di Kota Tangerang. Terlebih, keberhasilan ini semakin tervalidasi setelah Pemkot Tangerang berhasil meraih penghargaan pada kategori Instansi Pemerintah yang Mengimplementasikan Manajemen Talenta dengan Sangat Baik dalam Ajang Meritokrasi 2023 dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Republik Indonesia.

“Pemkot Tangerang selama ini telah merealisasikan transparansi, akuntabilitas, dan efektivitas dalam merealiasikan rekrutmen pejabat-pejabat daerah berbasis sistem merit. Ini bukan hal kecil dan biasa, serta harus diakui, diketahui, bahkan layak diapresiasi, terlebih catatan ini menjadi yang terbaik dibanding daerah-daerah lainnya di Provinsi Banten,” ungkap pengamat kebijakan publik dari Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT), Memed Chumaidi, Rabu, (13/12/23).

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Tangerang, Heryanto menambahkan, Pemkot Tangerang secara konsisten telah berkomitmen mengimplementasikan manajemen talenta ini khususnya dalam pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT). Lebih dari itu, Pemkot Tangerang juga menerapkan pengelolaan ASN dan pegawai berdasarkan meritokrasi yang jelas, meliputi penilaian kualifikasi, kompetensi, dan kinerja.

“Kami akan terus mendorong sistem meritokrasi dapat direalisasikan secara optimal di Kota Tangerang. Sehingga, Pemkot Tangerang dapat mewujudkan birokrasi yang kompeten, kompetitif, profesional, serta menjunjung tinggi etika profesi untuk menjauhi praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme,” tambahnya.

Selain itu, Pemkot Tangerang melalui sistem meritoktasi ini diharapan mampu membawa perbaikan pelayanan untuk masyarakat Kota Tangerang.



Kota Tangerang

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!