Senin, 11 Desember 2023 16:33 WIB | Dibaca : 415
Komite Ahli TBC Indonesia: Penanganan Kasus TBC di Kota Tangerang, Layak Jadi Percontohan!

Keberhasilan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang dalam menangani Tuberkulosis (TBC) mendapatkan pengakuan dari banyak pihak. Salah satunya, Komite Ahli TBC Indonesia mengapresiasi program-program yang selama ini digiatkan untuk mengentaskan kasus TBC di Kota Tangerang.

Ketua Komite Ahli TBC Indonesia, Sudijanto Kamso menuturkan, penanganan kasus TBC yang selama ini dilakukan Pemkot Tangerang layak menjadi standar acuan penanganan secara umum di Indonesia. Terbukti, berbagai program penanganan seperti 1.000 Kader Asmara TB, Gerakan Bersama Menuju Eliminasi (Ransel) TB, sampai layanan ronthgen thorax gratis berhasil menurunkan angka kasus TBC dari tahun ke tahun.

“Saya sebagai bagian dari Komite Ahli TBC Indonesia melihat penanganan kasus TBC di Kota Tangerang telah berjalan dengan mekanisme yang sangat baik. Lewat berbagai program inovatif yang selama ini digaungkan, penanganan TBC di Kota Tangerang layak menjadi standar acuan atau percontohan dalam skala nasional,” ujar Ketua Komite Ahli Indonesia, Sudijanto Kamso, Senin, (11/12/23).

Ia menambahkan, Komite Ahli TBC Indonesia juga mengakui keberhasilan Pemkot Tangerang dalam mengoptimalkan fasilitas pelayanan penanganan TBC di Kota Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan fasilitas kesehatan yang dimiliki Pemkot Tangerang sangat berkualitas, seperti tersedianya 10 Laboratorium rujukan Tes Cepat Molekuler (TCM), 39 Puskesmas dan 32 Rumah Sakit yang menerapkan Directly Observed Therapy Shortcourse (DOTS), serta tenaga medis yang telah mengikuti International Standards for Tuberculosis Care (ISTC), dan semuanya beroperasi secara terintegrasi.

“Saya juga melihat fasilitas kesehatan yang dimiliki juga sudah sangat mendukung dalam proses pengentasan kasus TBC di Kota Tangerang. Oleh karena itu, lagi-lagi, optimalisasi fasilitas seperti ini layak menjadi standar acuan atau percontohan bagi lainnya,” tambahnya.

Selain itu, Pemkot Tangerang juga berhasil meraih penghargaan Predikat Kinerja Baik atas Kerja Sama Multi Sektor dalam Percepatan Eliminasi TBC dari Kementerian Kesehatan tahun 2022 kemarin. Hal ini menandakan Pemkot Tangerang telah berhasil memberikan penanganan TBC dengan sangat baik di Kota Tangerang. (mts)



Kota Tangerang

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!