Jumat, 15 September 2023 16:30 WIB | Dibaca : 169
Diskominfo Kota Tangerang Lakukan Pembinaan Peran KIM untuk Penanganan Stunting

Dalam rangka peningkatan sinergitas Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Provinsi Banten, Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfotiksan) Provinsi Banten selaku Pembina KIM di Provinsi Banten mengadakan sosialisasi terkait pembinaan serta pemberdayaan KIM di Kota Tangerang. 

 

Dalam kegiatan ini, turut hadir pembicara Yuni Pradilla Fitri, dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang. Dalam pemaparannya, Ia menjelaskan stunting merupakan keadaan berhentinya pertumbuhan pada anak. Penyebab utama stunting adalah kekurangan gizi pada waktu yang cukup lama. Pemberhentian pertumbuhan meliputi pertumbuhan tubuh dan otak.

 

“Berbagai inovasi yang telah dilakukan Kota Tangerang terus berjalan, bahkan mengalami berbagai pengembangan dan munculnya inovasi baru yang diharapkan dapat membantu upaya percepatan penurunan stunting. Begitu juga dalam peran serta media informasi, salah satunya anggota KIM dengan penyebaran informasi sebagai percepatan penurunan stunting,” jelasnya. 

 

Sementara itu, Fitri Yulia, Pranata Humas, Diskominfo Kota Tangerang, mengungkapkan dalam kegiatan ini KIM Kota Tangerang diedukasi untuk meningkatkan pengetahuan pada keterkaitan peran serta KIM dalam urusan stunting, yang kini tengah fokus ditangani pemerintah. Mulai dari apa itu stunting, penyebabnya, gejalanya, serta pengetahuan peserta tentang risiko tinggi dan pengenalan tanda kelahiran pada kehamilan. 

 

“Dengan sederet pengetahuan tersebut, diharapkan seluruh anggota KIM di Kota Tangerang dapat menjadi corong informasi lanjutan ke seluruh masyarakat. Sehingga, rasa kepedulian masyarakat terhadap kasus stunting itu sendiri dapat meningkat, dengan pengetahuan yang disosialisasikan anggota KIM ke masyarakat di wilayahnya masing-masing,” kata Fitri.



Kota Tangerang

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!