Kamis, 27 April 2023 09:59 WIB | Dibaca : 2349
Ini Benda Elektronik yang Tidak Boleh Dibawa ke Dalam Pesawat, Warga Kota Tangerang Wajib Tahu!
Ini Benda Elektronik yang Tidak Boleh Dibawa ke Dalam Pesawat, Warga Kota Tangerang Wajib Tahu!
Ini Benda Elektronik yang Tidak Boleh Dibawa ke Dalam Pesawat, Warga Kota Tangerang Wajib Tahu!

Tiap-tiap moda transportasi umum baik darat, laut, maupun udara memiliki aturan masing-masing. Khususnya, aturan untuk para penumpang dalam membawa benda elektronik. Peraturan ini mutlak, dan tidak bisa diganggu gugat karena demi keselamatan dan kenyamanan seluruh penumpang.

Pesawat merupakan salah satu moda transportasi yang cukup ketat dalam aturan barang bawaan khususnya elektronik. Penumpang hanya dapat membawa barang elektronik tertentu ke dalam kabin dengan syarat khusus.

Di Indonesia, aturan membawa barang elektronik ke dalam pesawat diatur dalam Surat Edaran (SE) yang diterbitkan Ditjen Perhubungan Udara Nomor 15 Tahun 2018. Dalam SE tersebut, salah satu barang elektronik yang tidak boleh dibawa ke dalam kabin adalah power bank dengan kapasitas 160 Wh. Sedangkan, untuk power bank kapasitas di bawah 100 Wh dapat dibawa ke dalam kabin, dan 100 hingga 160 Wh harus dengan seizin maskapai.

Lalu, bagaimana tips membawa barang elektronik secara aman ke dalam pesawat? Simak tips berikut ya.

1. Pastikan handphone dalam keadaan mati

Hampir seluruh maskapai mengizinkan untuk membawa handphone ke dalam kabin. Tetapi, selama penerbangan handphone harus dalam kondisi mati ataupun mode pesawat. Hal ini, karena handphone dapat mengganggu sinyal pesawat yang berkomunikasi dengan Air Traffic Control. Lalu, untuk headset atau perangkat bluetooth lainnya sebaiknya bertanya atau menunggu arahan dari maskapai.

2. Lepas baterai rokok elektrik

Rokok elektrik dapat dibawa ke dalam kabin dengan catatan baterai harus terlepas dari perangkat. Hal ini untuk menghindari jika baterai atau perangkat tiba-tiba terbakar pada selama penerbangan berlangsung.

3. Laptop dan kamera dalam keadaan mati

Untuk laptop dan kamera, dapat dibawa ke dalam bagasi. Tetapi, tiap maskapai memiliki catatan atau syarat tersendiri seperti baterai harus terpisah dan dalam keadaan mati. Hal ini juga untuk menghindari apabila perangkat tiba-tiba menyala saat penerbangan berlangsung.

Nah, itu beberapa aturan yang harus dipatuhi saat bepergian menggunakan pesawat. Yuk, patuhi seluruh peraturan yang sudah ditetapkan demi keselamatan dan kenyamanan bersama selama bepergian.



Kota Tangerang

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!