Rabu, 12 April 2023 11:17 WIB | Dibaca : 558
Orang Tua di Kota Tangerang Harus Tahu, Ini Rentang Konsentrasi Anak Berdasarkan Usia
Orang Tua di Kota Tangerang Harus Tahu, Ini Rentang Konsentrasi Anak Berdasarkan Usia
Orang Tua di Kota Tangerang Harus Tahu, Ini Rentang Konsentrasi Anak Berdasarkan Usia

Setiap anak memiliki rentang konsentrasi yang berbeda. Pada umumnya, tergantung dari usia tiap-tiap anak. Selain itu, anak-anak dapat berkonsentrasi secara penuh pada aktivitas yang mereka sukai atau aktivitas yang menyenangkan.

Menurut Brain Balance Center, anak usia 2 tahun, rentang konsentrasi idealnya adalah 4 hingga 6 menit, sedangkan 4 tahun delapan hingga 12 menit, 6 tahun 12 hingga 18 menit, dan 8 tahun di 16 hingga 24 menit.

Lalu, bagaimana jika anak memiliki kesulitan dalam berkonsentrasi? Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan konsentrasi anak.

1. Buat Aktivitas Menarik dan Kreatif

Anak akan lebih fokus secara penuh pada kegiatan yang mereka suka. Jadi, buatlah kegiatan semenarik dan sekreatif mungkin khususnya untuk aktivitas yang mereka kurang minati. Memberikan pengalaman berbeda pada aktivitas yang mereka kurang suka, dapat menumbuhkan rasa penasaran yang baru tetapi dengan tujuan yang sama. Contohnya, mengajak anak bermain sambil mengerjakan pekerjaan rumah matematika. Konsep bermain akan membuat anak tidak stres saat berhitung dan tujuan mengerjakan pekerjaan rumah akan tetap selesai.

2. Berpikir Bersama Anak

Orang tua harus hadir dan berdiskusi bersama anak. Salah satunya, dengan berdiskusi membahas topik-topik yang anak gemari. Hal ini, secara tidak langsung memancing sistem kognitif pada anak.

3. Menyelesaikan Puzzle

Konsep bermain puzzle juga dapat meningkatkan konsentrasi pada anak secara signifikan. Rutinitas bermain puzzle dapat memberikan kebiasaan berpikir dan memecahkan masalah bagi anak.

4. Buat Istirahat Pendek Bagi Tugas yang Sulit

Kemampuan anak untuk fokus sangat berbeda pada rentang usia seperti yang sudah dijelaskan di atas. Maka, jika anak berusia 20 tahun dan memiliki rentang fokus kurang lebih 20 menit, maka jika mengerjakan tugas yang sulit selama 40 menit, pecahkan menjadi 20 menit dengan jeda istirahat 5 menit.

Itu beberapa cara untuk meningkatkan konsentrasi pada anak. Lalu, bagaimana jika anak masih kesulitan untuk berkonsentrasi meskipun sudah menggunakan cara di atas?. Di Kota Tangerang, ada Pusat Pembelajaran Keluarga atau Puspaga. Di sana, orang tua dapat membawa anaknya untuk dilakukan assessment bersama profesional, untuk mengetahui mengapa anak kesulitan untuk konsentrasi. Konsultasi di Puspaga tidak dipungut biaya sepeserpun. Puspaga Kota Tangerang berlokasi di Gedung Cisadane, lantai 2. Untuk informasi selengkapnya, bisa didapatkan melalui instagram @puspaga.tangerangkota.



Kota Tangerang

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!