Senin, 18 April 2022 16:11 WIB | Dibaca : 758
Lakukan Hal Ini Saat Hendak Mudik Lebaran Agar Rumah Tetap Aman

Hari Raya Idulfitri atau lebaran identik dengan kegiatan mudik ke kampung halaman. Tidak jarang, masyarakat yang mudik meninggalkan rumahnya dalam keadaan kosong selama sepekan bahkan lebih.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang, Deni Koswara mengatakan bahwa penting untuk memastikan kondisi rumah dalam keadaan aman dari keberangkatan saat mudik hingga pulang.

"Tidak sedikit ada kasus pencurian atau korsleting listrik yang menyebabkan kebakaran saat rumah ditinggal pemiliknya mudik. Maka dari itu, pastikan keadaan rumah dalam kondisi aman mulai dari keberangkatan hingga pulang," ungkapnya.

Lalu, Deni memberikan tips-tips bagaimana untuk memastikan keadaan rumah tetap aman saat ditinggal mudik lebaran. Berikut tipsnya:

1.  Kunci pintu dan jendela

Pastikan untuk mengunci seluruh pintu dan jendela. Ini merupakan hal paling dasar untuk dilakukan sebelum meninggalkan rumah. Jika perlu, tambah gembok untuk menambah keamanan. Lalu, pastikan untuk membawa kunci dan tidak ditinggalkan di tempat-tempat yang biasa diketahui orang. Seperti, di bawah keset, pot tanaman dan sebagainya.

2.  Pastikan tidak ada benda elektronik dan gas yang sedang menyala

Jangan lupa untuk mematikan seluruh barang elektronik seperti televisi, AC, kipas angin, dan lain-lain untuk menghindari korsleting listrik. Selain itu, lepaskan juga regulator tabung gas sehingga meminimalisir terjadinya kebocoran gas yang bisa mengakibatkan kebakaran.

3. Kosongkan penampungan air

Mengosongkan penampungan air merupakan cara untuk mencegah nyamuk bertelur dan berbagai macam sarang penyakit. Lebih baik lagi, jika tempat penampungan air ditutup.

4. Simpan barang berharga di tempat aman

Barang-barang berharga seperti emas, surat-surat berharga, uang, dan perhiasan harus disimpan di tempat yang aman seperi brankas.

5. Titipkan rumah ke orang yang dipercaya

Jangan lupa untuk menitipkan rumah ke orang yang dipercaya seperti saudara, tetangga atau pihak keamanan. Sampaikan juga berapa lama rumah akan ditinggalkan untuk mudik.

Itulah tips-tips yang harus dilakukan agar rumah tetap aman saat ditinggalkan untuk mudik. Deni mengimbau, masyarakat untuk melakukan hal-hal tersebut agar mudik dapat dilakukan dengan aman, nyaman, dan selamat.

"Untuk masyarakat yang hendak melaksanakan mudik, pastikan untuk memeriksa seluruh kondisi rumah dengan detil. Jangan lupa juga untuk terus menerapkan protokol kesehatan, sehingga mudik dapat dilakukan dengan aman, nyaman, dan selamat hingga pulang ke rumah kembali," imbaunya.

Sebagai informasi, jika masyarakat mebutuhkan bantuan dalam keadaan darurat dapat menghubungi BPBD melalui call center 112 atau call center BPBD di nomor 021-5582144.



Mudik Lebaran

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!