Kamis, 2 Desember 2021 16:33 WIB | Dibaca : 861
Kunjungi TPS 3R, Bijak Kelola Sampah Sejak Dini
Kunjungi TPS 3R, Bijak Kelola Sampah Sejak Dini
Kunjungi TPS 3R, Bijak Kelola Sampah Sejak Dini
Kunjungi TPS 3R, Bijak Kelola Sampah Sejak Dini

Belajar memahami tentang pengolahan sampah. Puluhan siswa MI Al Kaustsar, Kota Tangerang melakukan kunjungan ke TPS 3R Karsa Mandiri, milik Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang, Kamis (2/12/12).

Kabid Kebersihan dan Pengolahan Sampah, DLH, Kota Tangerang Yudi Pradana mengungkapkan dalam kunjungan ini, para pelajar diedukasi bagaimana cara pengurangan sampah dari sumber pemilahan jenis sampah. Mulai dari pemilahan organik, non organik, residu, B3, e-waste dan lain-lainnya.

“Tumpukan sampah yang kian hari kian menggunung, DLH merasa program kunjungan ini dapat melahirkan anak-anak cinta lingkungan. Dengan begitu bisa melahirkan satu duta sampah satu rumah. Dimana mereka yang akan mengingatkan dan mengajarkan cara pengolahan sampah,” ungkap Yudi, usai terima kunjungan.

Ia pun menjelaskan, para siswa diajak langsung melihat jenis-jenis sampah, mengangkut sampah, hingga mengolah langsung sampah-sampah yang datang. Tak hanya itu, anak-anak juga diedukasi cara memanfaatkan sampah menjadi sesuatu yang bernilai.

“Supaya anak-anak bisa belajar memilah sampah organik, anorganik dan sampah B3. Sehingga anak-anak bisa lebih peka terkait keberadaan sampah di lingkungannya. Mereka pun bisa lebih menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, di sekolah maupun di rumah,” katanya.

Lanjutnya, TPS 3R di Kota Tangerang terbuka untuk umum, mulai dari anak sekolah hingga mahasiswa. “Jika mau melakukan kunjungan, mau belajar disini, DLH terbuka lebar tinggal bersurat untuk mencari tanggal yang pas atau kosong. Pembelajaran di TPS atau Edukasi Wisata DLH gratis dan untuk umum,” jelas Yudi.



Kota Tangerang

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!