Jumat, 15 Oktober 2021 20:53 WIB | Dibaca : 491
Hari CTPS Sedunia, Dinkes Minta Masyarakat Tidak Lengah dengan Covid-19

Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Sedunia merupakan kampanye global yang jatuh setiap 15 oktober. Momen ini dijadikan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang untuk saling mengingatkan pentingnya mencuci tangan pakai sabun terlebih masih di tengah pandemi covid-19.

Kepala Dinkes, Kota Tangerang, dr Dini Anggraeni mengungkapkan di momen ini Dinkes Kota Tangerang pun meminta masyarakat Kota Tangerang tidak lengah dengan kondisi pandemi yang mulai terkendali, dengan aturan PPKM pelonggaran. Penerapan protokol kesehatan terutama selalu menggunakan masker dan rutin cuci tangan pakai sabun ialah hal wajib yang dilakukan dikondisi saat ini.

“Cukup dengan pengalaman Juni-Juli kemarin, jangan terulang lagi. Tetap jaga protokol kesehatan, kejar cakupan vaksinasi dan surveilans aktif. Terpenting, jangan bosanuntuk selalu mengingatkan hal-hal yang baik dan benar. Selalu berdoa semoga tidak terjadi lagi lonjakan kasus covid-19,” ungkap dr Dini, saat dihubungi, Jumat (15/10/21).

Ia pun mengimbau, seluruh lembaga untuk semakin menekankan pentingnya CTPS. Mendukung ketersediaan sarana CTPS agar meningkatkan akses masyarakat ke sarana tersebut. Diharapkan, semua pihak yang berwenang secara terus menerus mempromosikan perubahan perilaku dan praktik bersih melalui kampanye CTPS.

“Pemerintah tidak bisa bergerak sendiri untuk membuat perubahan ini. Membutuhkan semua pihak, semua stakeholder tanpa terkecuali, mulai dari tatanan rumah tangga hingga lembaga. Ayo sama-sama kampanyekan pentingnya CTPS untuk kehidupan yang lebih sehat lagi,” imbaunya.

Sementara itu, ia membagikan tips enam langkah mencuci tangan. Mulai dari basahi tangan dan gosong sabun pada kedua telapak tangan, usap dan gosok kedua punggung tangan, gosok sela-sela jari, bersihkan ujung jari secara bergantian dengan posisi saling mengunci, gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian dan terakhir letakkan ujung jari ke telapak tangan gosok perlahan.

“Bilas tangan dengan air bersih yang mengalir. Lakukan langkah ini dengan baik dan benar secara rutin, sebelum dan sesudah melakukan beragam aktifitas. Jaga diri kalian, keluarga dan lingkungan kalian dengan rutin mencuci tangan,” katanya.



Kota Tangerang

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!