Rabu, 15 September 2021 14:05 WIB | Dibaca : 192
Musim Penghujan, Dinkes Kota Tangerang Imbau Waspadai DBD

Musim penghujan mulai melanda Indonesia tak terkecuali Kota Tangerang. Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) pun mengimbau masyarakat Kota Tangerang untuk lebih peduli dalam menerapkan budaya hidup bersih dan sehat, agar terhindar dari berbagai penyakit musim penghujan. Terlebih pada pencegahan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

“Memasuki musim penghujan, sangat identik dengan jenis penyakit batuk, pilek dan diare. Namun, saat ini yang harus diwaspadai dan diperhatikan secara serius, yakni penyakit DBD. Karena secara Kejadian Luar Biasa (KLB) nya lebih berpotensi tinggi,” ungkap dr Dini Anggraeni, Plt Kepala Dinas Kesehatan, Kota Tangerang, Rabu (15/9/21).

Ia pun menjelaskan, pencegahan DBD dapat dilakukan dengan gerakan 3M Plus. Diantaranya, menguras dan menyikat penampungan air, menutup tempat penampungan air dan memanfaatkan atau mendaur ulang barang bekas.

“Sedangkan Plus-nya yaitu mencegah gigitan dan perkembangbiakan nyamuk. Mulai dari memelihara ikan pemakan jentik nyamuk, tidak menggantung pakaian bekas pakai, menggunakan obat nyamuk, memasang kawat kasa pada jendela atau ventilasi serta gotong-royong membersihkan lingkungan,” papar dr Dini.

Kata dr Dini, Dinas Kesehatan Kota Tangerang telah mengimbau 38 Puskesmas dan seluruh Rumah Sakit di Kota Tangerang untuk tidak lengah dengan penyakit DBD selain penanganan covid-19. Begitu juga dengan ketersediaan obat-obatan dalam penangan sejumlah penyakit di musim penghujan juga sudah dipastikan ketersediaannya.

“Puskesmas sebagai pelayanan kesehatan masyarakat yang terdepan untuk tetap menjalankan program-program kesehatan lainnya. Salah satunya, Juru Pemantau Jentik (Jumantik) bersama kader-kader wilayah, untuk mengingatkan dan melakukan pemeriksaan langsung kelayakan penampungan-penampungan air masyarakat,” katanya.



Kota Tangerang

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!