Selasa, 9 Maret 2021 17:08 WIB | Dibaca : 5301
Begini Pelaksanaan Vaksinasi Lansia
Begini Pelaksanaan Vaksinasi Lansia
Begini Pelaksanaan Vaksinasi Lansia

Kini giliran kelompok lansia mendapatkan fasilitas vaksinasi. Untuk dosis pertama, target penerima vaksin di Kota Tangerang sebanyak 21.840 lansia yang tersebar di 104 kelurahan dengan masing-masing kelurahan mendapatkan alokasi sebanyak 210 vaksin. Proses vaksinasi pun dimulai per hari ini, Selasa, 9 Maret 2021 di Wilayah Kelurahan Karawaci Baru.

“Hari ini, dari 1.260 lansia yang telah mendaftar secara online, dijadwalkan sebanyak 225 lansia yang divaksin oleh tenaga kesehatan Dinas Kesehatan Kota Tangerang di GOR Balai Rakyat Karawaci Baru,” ujar Kepala Dinas Kesehatan, dr. Liza Puspadewi, melalui sambungan telepon, Selasa (09/03).

Lebih lanjut, dr. Liza Puspadewi, mengatakan, para lansia dapat mendaftarkan diri untuk mendapatkan fasilitas vaksinasi kepada RT/RW sesuai domisili masing-masing.

“Jadi, para calon penerima vaksin (lansia) mendaftar ke RT/RW setempat. Nanti para RT/RW yang akan membantu mendaftarkan para lansia tersebut ke link pendaftaran yang telah diberikan oleh pihak Puskesmas. Selanjutnya, pihak Puskesmas akan menjadwalkan proses vaksinasi untuk 210 penerima vaksin pertama,” ujarnya.

Sebelum melakukan proses vaksinasi, tentunya para lansia harus mengikuti sejumlah rangkaian skrining kesehatan untuk memastikan kelayakan mendapatkan vaksin.

“Sama seperti proses vaksinasi pada penerima vaksin lainnya, para lansia akan diberikan sejumlah pertanyaan dan dilakukan pengecekan kesehatan, salah satunya tensi.” imbuhnya.

Calon penerima vaksin pun tak perlu khawatir karena di setiap lokasi Fasilitas Kesehatan akan disediakan IGD untuk antisipasi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

Sebagai informasi, proses vaksinasi lansia serentak dilaksanakan di wilayah 36 Puskesmas. Dalam jangka waktu lima hari ke depan, yaitu 9 – 13 Maret 2021, sudah terjadwal proses vaksinasi lansia untuk wilayah Puskesmas Karawaci Baru, Karawaci, Cimone, Nusa Jaya, Cimone Jaya dan Bojong Jaya.



Kota Tangerang

Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!