Kamis, 3 Desember 2020 18:37 WIB | Dibaca : 442
Pemkot Tangerang Raih Penghargaan Dari Bank Indonesia Atas Pemanfaatan Transaksi Digital
Pemkot Tangerang Raih Penghargaan Dari Bank Indonesia Atas Pemanfaatan Transaksi Digital

Pemerintah Kota Tangerang meraih penghargaan dari Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Banten atas pemanfaatan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah (ETP) Kota Tangerang.

Penghargaan ini diraih berdasarkan hasil perhitungan Indeks Capaian Elektronifikasi (ICE) yang dilakukan oleh Bank Indonesia, dimana Kota Tangerang mendapatkan nilai 3,92 yang juga merupakan nilai tertinggi diantara kabupaten/kota lain se-Provinsi Banten.

Wali Kota Tangerang, H. Arief R. Wismansyah, menuturkan penghargaan ini menjadi pemicu bagi Pemkot dalam optimalisasi pemanfaatan transaksi digital di setiap lini untuk mendukung transparansi pengelolaan keuangan daerah.

"Pemkot akan lebih meningkatkan konsistensi dan kesiapan SDM agar bisa berjalan dengan baik dan memberi hasil maksimal," terang Arief saat ditemui di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Kamis (3/11).

Arief juga menjabarkan, Indeks Capaian Elektronifikasi (ICE) diukur berdasarkan jumlah jenis belanja yang dilakukan secara non tunai yang meliputi jenis pendapatan baik pajak dan retribusi yang diterima secara non tunai, jumlah ragam kanal pembayaran yang digunakan serta pengelolaan keuangan daerah.

"Tentunya ke depan Pemkot Tangerang akan meningkatkan ICE dan perluasan elektronifikasi transaksi pemerintah," jabarnya.

Selain itu, lanjut Arief, Pemerintah Kota Tangerang juga akan segera membentuk Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) demi mendukung program digitalisasi yang diusung oleh Bank Indonesia dan pemerintah daerah se-Provinsi Banten mulai Januari 2021.

"Jadi nantinya akan terintegrasi antara Pemda dan pemerintah pusat," tukas Wali Kota.



Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!