Jumat, 1 September 2017 13:23 WIB | Dibaca : 434
Pelaksanaan Shalat Idul Adha 1438 H
Pelaksanaan Shalat Idul Adha 1438 H
Pelaksanaan Shalat Idul Adha 1438 H
Pelaksanaan Shalat Idul Adha 1438 H
Pelaksanaan Shalat Idul Adha 1438 H
Pelaksanaan Shalat Idul Adha 1438 H
Wali Kota Tangerang, H. Arief R . Wismansyah, melaksanakan Salat Idul Adha bersama masyarakat di Masjid Baiturahman RT 02/10, Kelurahan Uwung Jaya, Cibodas, Jumat (1/9).
 
Dalam sambutannya, sebelum pelaksanaan salat, beliau menyampaikan bahwa makna dari ibadah kurban yang dilakukan umat Islam hendaknya bisa diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari, serta sebagai bentuk ketaatan seorang makhluk kepada penciptanya.
 
"Makna ibadah kurban yang kita lakukan harusnya bisa diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari untuk bukti ketaatan kita sebagai makhluk kepada sang pencipta," ucap Arief.
 
Wali Kota juga mengungkapkan ibadah kurban harus dapat dimaknai tidak hanya sekedar seremonial penyembelihan hewan melainkan juga diharapkan dapat meningkatkan kepekaan dan kepedulian sosial yang tinggi terhadap kehidupan sekitarnya, sehingga jarak status sosial antar masyarakat bisa perlahan dikikis.
 
"Berkurban bukan cuma nyembelih hewan tapi juga rasa egois dan tidak peduli sama orang lain,".
 
"Supaya kita bisa lebih peduli dengan orang lain yang hidupnya tidak seberuntung kita," sambungnya.
 
Sementara itu, Arief juga menyampaikan bahwa berbagai program yang telah digagas oleh Pemkot Tangerang mulai dari bidang kesehatan, pembangunan infrastruktur, hingga bidang pendidikan semata-mata hanya untuk kemaslahatan masyarakat Kota Tangerang.
 
"Biarpun kesehatan udah digratisin bahkan juga sarana dan prasarananya udah disiapkan tapi bukan berarti masyarakatnya bisa jadi gampang sakit," candanya.
 
Di tempat terpisah, Wakil Wali Kota Tangerang, H. Sachrudin, yang melaksanakan Salat Idul Adha di Masjid Raya Al-Azhom didampingi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang, H. Dadi Budaeri, juga menyampaikan arti penting ibadah qurban dalam meningkatkan kepedulian sosial kepada sesama.
 
Dikatakannya, ibadah qurban adalah bentuk ketaqwaan kita kepada Allah SWT dan kepedulian seseorang terhadap lingkungan sekitarnya.
 
"Ibadah qurban adalah bentuk ketaqwaan kita kepada Allah dan kepedulian kepada sesama dan terhadap lingkungan sekitar kita," kata Sachrudin.
 
Selepas melaksanakan Salat Idul Adha, Wali Kota maupun Wakil Wali Kota, secara simbolis menyerahkan hewan kurban kepada panitia hari qurban di masjid masing-masing tempat mereka melaksanakan salat.
 
Sebagai informasi, pada pelaksanaan Idul Adha 1438 Hijriah tahun ini, panitia qurban Masjid Raya Al-Azhom menerima hewan qurban sebanyak 21 ekor sapi dan 17 ekor kambing.


Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!