Rabu, 16 September 2020 21:56 WIB
Wali Kota Apresiasi Pemanfaatan Lahan di Kantor Kelurahan
Wali Kota Apresiasi Pemanfaatan Lahan di Kantor Kelurahan
Wali Kota Apresiasi Pemanfaatan Lahan di Kantor Kelurahan

Wali Kota Tangerang, H. Arief R. Wismansyah, mengapresiasi upaya yang dilakukan jajaran aparatur Pemkot Tangerang di sejumlah kelurahan yang berhasil memanfaatkan area kantor sebagai lokasi pembibitan ikan dan ketahanan pangan.

"Beberapa kelurahan sudah bisa memanen hasil pembibitan ikan lele secara mandiri di lahan yang terbatas," ungkap Arief melalui sambungan telepon, Rabu (16/9) malam.

Wali Kota meminta agar upaya pemanfaatan area kantor sebagai lokasi ketahanan pangan bisa diterapkan pula oleh kantor-kantor kelurahan lain yang ada di Kota Tangerang.

"Sebagian sudah ada yang mulai menanam tanaman yang bisa dikonsumsi sebagai kebutuhan sehari-hari,".

"Yang belum harus belajar dari yang sudah menerapkan pemanfaatan lahan," terangnya.

Salah satu kelurahan yang berhasil memanfaatkan lahan kantor adalah Kelurahan Cipondoh Makmur. Lurah Cipondoh Makmur, Yoga Sektianto menuturkan, dirinya bersama jajaran melakukan pembibitan ikan jenis lele dan nila di media sederhana dengan berbekal pengetahuan yang didapat dari sosial media.

"Awalnya cuma iseng belajar dari Youtube cara merawat ikan dengan menggunakan ember besar," ungkap Yoga.

Dari hasil pembibitan selama tiga bulan, sambung Yoga, pihaknya berhasil memanen sebanyak 15 kg ikan lele dan sayur kangkung yang ditanam di area KWT Tanur untuk dibagikan kepada masyarakat di sekitar Kantor Kelurahan Cipondoh Makmur.

"Dibagi ke 20 KK tetangga kantor, sementara ikan nila sebanyak 80 ekor masih belum bisa dipanen," pungkas pria yang belum genap setahun menjabat sebagai Lurah Cipondoh Makmur.




Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!