Senin, 20 April 2020 15:05 WIB | Dibaca : 685
Hari Ini, RSUD Kota Tangerang Sepenuhnya Layani Pasien Covid-19

Rumah sakit umum daerah (RSUD) Kota Tangerang mulai 20 April 2020 sepenuhnya memberikan pelayanan khusus bagi pasien covid-19. Untuk pasien dengan keluhan umum lainnya dirujuk ke rumah sakit swasta di wilayah Kota Tangerang.

Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah menjelaskan mekanisme pelaksanaanya yakni menerima rujukan dari puskesmas dan dari rumah sakit lainnya. Untuk ketersedian tempat tidur saat ini berjumlah 100.

"Untuk pasien dari sejak kemarin sudah tidak menerima yang umum, jika ada diarahkan ke rumah sakit lainnya, jadi disitu khusus bagi pasien covid," ungkap Wali Kota, Senin (20/4).

Sementara itu, Kepala Humas RSUD Kota Tangerang Tintin Supriatin menambahkn bahwa saat ini pelayanan poliklinik rawat jalan pun ditutup sementara, dan manajemen RSUD Kota Tangerang telah membuat edaran tentang pelayanan yang hanya dikhususkan bagi pasien COVID-19.

"Manajemen juga telah mengirimkan surat kepada pihak BPJS agar pasien program JKN-KIS yang tidak menderita COVID-19, agar tidak dirujuk ke RSUD Kota Tangerang," kata Tintin.

Ia menjelaskan, RSUD menerima pasien dengan kategori grade dua dan terakhir, atau yang masuk kategori buruk. Kemudian untuk pasien saat ini yang dirawat ada sejumlah 18 orang dengan status PDP.

Semua dokter dan perawat di RSUD Kota Tangerang yang berjumlah kurang lebih 400 orang dikerahkan dalam pelayanan dengan sistem kerja terbagi dalam 3 shift. Semua petugas dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD) yang sesuai dengan standar protokol kesehatan.

"Untuk APD bagi petugas disini dalam kondisi aman untuk 1 bulan, harapan kami tentu masyarakat dapat memahami situasi saat ini dan mengerti untuk bisa menjaga diri dengan mengikuti semua anjuran pemerintah," pungkasnya.



Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!