Rabu, 24 Februari 2016 16:04 WIB
Rapat Sinkronisasi Data Kemiskinan
Rapat Sinkronisasi Data Kemiskinan
Rapat Sinkronisasi Data Kemiskinan
Rapat Sinkronisasi Data Kemiskinan
Rapat Sinkronisasi Data Kemiskinan

Program penanggulangan kemiskinan telah dilaksanakan setiap tahunnya di Kota Tangerang sebagai suatu upaya pemerintah untuk menanggulangi kemiskinan secara mandiri. Program ini menjadi salah satu prioritas pembangunan yang harus dilakukan secara sistematis, terfokus, terencana dan terkoordinasikan dengan baik.

Uraian tersebut Wakil Wali Kota H. Sachrudin sampaikan saat membuka Rapat Sinkronisasi Data Kemiskinan, Rabu (24/02) yang dilaksanakan di Aula Rumah Sakit Umum.

Dalam rapat yang dihadiri para lurah serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Wakil menyampaikan agar program penanggulangan kemiskinan ini berjalan maksimal tentunya harus dilakukan secara berkelanjutan dan terencana dengan baik. Diantaranya harus didukung dengan keakuratan data sehingga apa yang akan kita tuju dapat tepat sasaran.

Perlu adanya pembahasan yang lebih mendalam terkait sinkronisasi data yang ada. Salah satunya melalui forum rapat ini. "Para lurah, OPD harus perbarui terus data-datanya dan rekap dengan rapi terutama terkait data masyarakat yang memang masih membutuhkan perhatian dari Pemerintah Kota Tangerang," tutur Wakil.

Dengan data yang akurat, kata Wakil akan semakin memudahkan kita untuk menindaklanjuti persoalan kemiskinan yang ada di Kota Tangerang dan meskipun perkembangan tingkat kemiskinan berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik Kota Tangerang pada periode 2012 sampai dengan 2014 mengalami penurunan dari angka 5.56 menjadi 4.91 persen, Wakil berharap upaya untuk terus mengurangi tingkat kemiskinan akan semakin menunjukan hasil yang baik tiap tahunnya. Seperti halnya melalui Program Bedah Rumah yang diharapkan akan turut meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat miskin yang ada di Kota Tangerang.

Kemudian, dari pertemuan ini diharapkan juga dapat menghasilkan sebuah profil kemiskinan Kota Tangerang yang dapat memberikan gambaran lebih rinci terkait dengan kemiskinan yang ada di Kota Tangerang.

"Saya percaya dengan adanya kerjasama antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD), kecamatan, dan pihak terkait seperti pendamping dari Program Keluarga Harapan (PKH), dapat tersusun sebuah profil kemiskinan yang dapat menggambarkan serta mendekati kondisi sebenarnya dari kemiskinan yang ada di Kota Tangerang," harapnya.

"Data dan informasi harus divalidasi ulang sehingga tidak ada kesimpangsiuran dalam penyajian data seputar Kota Tangerang khususnya terkait data sosial kemasyarakatan serta data kemiskinan," pesannya.

Seperti kita ketahui bersama, program penanggulangan kemiskinan merupakan upaya yang dilakukan oleh pemerintah pusat, daerah, dunia usaha serta masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin melalui bantuan sosial, pemberdayaan masyarakat, serta pemberdayaan usaha ekonomi mikro dan kecil serta program lain dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.




Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!