Minggu, 21 Februari 2016 11:55 WIB | Dibaca : 755
Gerakan Pungut Sampah
Gerakan Pungut Sampah
Gerakan Pungut Sampah
Gerakan Pungut Sampah
Gerakan Pungut Sampah
Gerakan Pungut Sampah
Gerakan Pungut Sampah
Gerakan Pungut Sampah
Gerakan Pungut Sampah

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menganggap Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang bisa menjadi acuan terkait kebijakan penangananan sampah dengan melibatkan peran serta masyarakat.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar yang hadir langsung di Tugu Adipura, Minggu (21/02), menyampaikan bahwa kegiatan Deklarasi Peduli Sampah yang diikuti ribuan peserta yang berasal dari berbagai lapisan masyarakat patut menjadi model percontohan penanganan sampah di Indonesia.

"Ini bisa menjadi contoh seluruh Indonesia, terutama Jakarta dan Jabodetabek," ujarnya.

"Ini gambaran dari tekad semua masyarakat dan aktivis yang bisa mengaktualisasi diri mewujudkan kota yang bersih, kota yang rapi, dan bisa dilihat koridor-koridornya hijau, bagus, dan kita sangat menghargai itu," ucapnya memberikan pujian kepada kondisi Kota Tangerang.

"Dan kementerian bertekad untuk memfasilitasi itu, karena gaya kepemimpinan presiden kita, Pak Jokowi kepemimpinan bersama dan gotong royong, sehingga aktifitas masyarakat seperti ini sangat penting dan patut dihargai," imbuhnya.

Sementara itu, Wali Kota Arief R. Wismansyah menegaskan bahwa pihaknya bersama masyarakat Kota Tangerang sangat siap untuk menjawab tantangan mewujudkan Indonesia Bebas Sampah 2020.

"Dengan dukungan dari masyarakat, komitmen dari para komunitas dan bimbingan dari kementerian, kita siap mewujudkan Indonesia Bebas Sampah 2020 dari Kota Tangerang," terangnya.

"Sekolah-sekolah juga sudah masuk program Adiwiyata, industri juga sudah mulai terlibat," sambung Wali Kota.

Diketahui, sejumlah komunitas peduli sampah bersama masyarakat dan juga pelajar di Kota Tangerang tumplek di Tugu Adipura, Jalan TMP Taruna, Minggu (21/2/). Para perwakilan dari seluruh unsur masyarakat yang peduli lingkungan ini berkumpul untuk memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN). Dan dalam kesempatan tersebut juga dihadiri langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar.

HPSN di Kota Tangerang juga diisi dengan kegiatan Kerja Bakti Massal atau juga disebut dengan Bersih-Bersih Massal (BBM) yang melibatkan hampir semua masyarakat yang tersebar di seluruh wilayah Kota Tangerang. Dalam peringatan HPSN kali ini juga dilaksanakan Gerakan Pungut Sampah di sekitar Tugu Adipura yang juga menjadi lokasi Car Free Day.



Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!