Senin, 30 September 2019 21:31 WIB
Lahan Subur, Ekonomi Keluarga Turut Makmur

Geliat Kelompok Wanita Tani di Kota Tangerang makin hari kian tinggi. Begitu juga KWT RW 4, Kelurahan Manis Jaya, Kecamatan Jatiuwung, yang kini memiliki lahan bertani yang semakin asri, hijau hingga menghasilkan. 

Diketahui, sayuran produksi KWT RW 04 memang menjadi incaran. Selain pasokan masih terbatas, sayuran yang dipanen adalah hasil pertanian organik yang sedikit pun tak tercampur pupuk berbahan kimia. Ini membuat sayuran lebih segar dan menyehatkan. 

Tidak hanya sawi dan bayam, warga RW 04 Manis Jaya juga menanam cabai, terong, kemangi, kenikir, tomat hingga kacang tanah.  

"Sebagian hasil panen dikonsumsi warga sekitar untuk pangan sehat keluarga di rumah. Sebagian, diperjual belikan sebagai pemasukan para KWT disini," ungkap Ketua PKK Kecamatan Jatiuwung, Yunita, saat memantau lahan KWT Manis Jaya, Senin (30/9/2019).

Ia menuturkan, keberadaan KWT sangat berpengaruh dalam merubah pola asupan makan dan ekonomi warga sekitar. Terlebih, masyarakat mendapat ilmu bertani yang bisa diterapkan di lahan kecil rumahnya masing-masing. 

"Akhirnya, warga dapat menanam sayuran dengan nilai ekonomis yang tinggi. Memiliki kebun sendiri, warga bisa menghemat belanjaan sejumlah komiditi. Terlebih berpenghasilan melalui penjualan sayur," tuturnya




Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!