Senin, 28 Oktober 2019 20:23 WIB | Dibaca : 410
Disdukcapil Door to Door, Layani Disabilitas dan ODGJ

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang, terus bekerja guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Salah satu terobosan yang dilakukan, melakukan jemput bola bagi masyarakat khusus. Mulai dari disabilitas, keterbelakangan mental, ODGJ hingga kondisi sakit parah. 

Salah Seorang Operator Disdukcapil, Iqbal Nur Fauzi, menuturkan, ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan Disdukcapil untuk menjangkau masyarakat yang keterbatasan. Namun, dipastikan membutuhkan data kependudukan seperti membuatan BPJS, data rumah sosial hingga pelayanan kesehatan ODGJ di Grogol. 

"Kami melakukan pelayanan yang mempermudah masyarakat. Masuk RS belum punya BPJS dan masih KTP lama. Kita langsung melakukan perekaman diruang rawat. ODGJ, mereka ingin diterapi di Grogol butuh e-KTP kami hadir ke lokasi ia berada begitu juga disabilitas kami door to door ke rumah," ungkap Iqbal. 

Pelayanan masyarakat khusus dipastikan Iqbal semua dilayani secara gratis tanpa dipungut biaya. Masyarakat hanya perlu melakukan pelaporan terhadap kondisi keluarga atau tetangga yang membutuhkan dengan membawa KK. 

"Tunggu satu sampai tiga hari, tim kami langsung ke rumah yang melakukan pendaftaran. Selanjutnya, warga yang bersangkutan bisa ambil resi karena blanko masih kosong ke Kecamatan atau kantor Disdukcapil sesuai arahan petugas yang datang," katanya. 

Ia pun mengajak, seluruh masyarakat dengan cerdas dapat memanfaatkan segala kemudahan pelayanan yang diberikan. Sehari jadi, pelayanan mall, titik keramaian hingga pelayanan door to door.



Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!