Kamis, 1 Agustus 2019 09:32 WIB | Dibaca : 294
Pastikan Kondisi Kesehatan Hewan Kurban, Dinas Ketahanan Pangan Gembleng Satgas

Tidak kurang dari 208 orang petugas Satgas Hewan Kurban 2019 memperoleh pembekalan oleh Dinas Ketahanan Pangan (DKP) bersama Dinas Komunikasi dan Informatika di Gedung Cisadane, Senin (1/8). Pemberian pembekalan bertujuan agar Satgas memiliki pengetahuan yang dapat mengidentifikasi hewan kurban sehat atau tidak.

Jika pengetahuan ini sudah dikuasai, maka mereka sudah pasti dapat memberikan rasa aman kepada masyarakat terkait hewan kurban. Kepala DKP, Abduh Surahman menyatakan, secara fisik hewan kurban yang sehat memiliki ciri dari mulut dan kuku. Selain itu, kualitas hewan juga dapat terlihat pada bagian hati. Bahkan, pihaknya juga telah bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor. Dimana nantinya ada 50 mahasiswa IPB akan menjadi pembicara mengenai kesehatan hewan kurban.

“Jika ada cacingnya hewan itu tidak sehat. Jika kedapatan maka harus dimuanahkan dan tidak boleh dikonsumsi,” tambah mantan Kepala Dinas Pendidikan ini,” tambahnya. 

Masyarakat dapat melapor jika mendapati hewan kurban yang sakit melalui aplikasi SIP Qurban melalui smarphone android. Pada aplikasi yang diluncurkan akhir 2017 ini masyarakat dapat memantau peredaran hewan kurban di Kota Tangerang.



Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!