Rabu, 24 Juli 2019 00:00 WIB | Dibaca : 582
Dinkes Rutin Periksa Peredaran Obat di Apotek

Dinas Kesehatan Kota Tangerang rutin melakukan pemeriksaan obat. Upaya itu dalam rangka mengantisipasi peredaran obat palsu di apotek-apotek.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Sudarto, mengatakan, pihaknya rutin melakukan pembinaan dan pengawasan standar pelayanan kefarmasian di apotek-apotek. Terlebih adanya berita pengungkapan pemalsuan obat palsu oleh kepolisian.

"Kami pun langsung sidak di apotek di kawasan Cipondoh," ujarnya.

Lanjutnya, dalam pemeriksaan, tim  mengkroscek terkait perizinan apotek, pelayanan yang diberikan dan antisipasi obat palsu.

"Dalam pemeriksaan apotek memenuhi izin dan sesuai dengan standar pelayanan kefarmasian," katanya.

Dijelaskannya, apabila saat pemeriksaan ditemukan adanya peredaran obat yang diduga palsu di apotek-apotek, pihaknya akan memisahkan obat tersebut, serta berkoordinasi dengan Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

"Sampai saat ini, di Kota Tangerang aman dari obat-obatan palsu, Pemeriksaan rutin ini agar masyarakat mendapatkan kepastian terkait obat yang akan diminum," ucapnya.

Pemilik Apotek Grace, Setiany Catarina, mengapresiasi adanya pemeriksaan obat dari Dinkes. Menurutnya, pengadaan kefarmasian di apoteknya secara resmi didapat dari distributor utama.

Seperti diketahui, apotek di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) jadi korban penyaluran obat palsu.
BPOM dalam keterangan resminya menyebut obat palsu itu berasal dari sarana ilegal yang mengemas ulang obat generik menjadi obat bermerek (repacking) lalu dijual dengan harga lebih tinggi.



Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!