Senin, 5 November 2018 00:00 WIB | Dibaca : 376
Lubang Biopori Kampung Iklim RW 07 Atasi Permasalahan Lingkungan
Lubang Biopori Kampung Iklim RW 07 Atasi Permasalahan Lingkungan
Lubang Biopori Kampung Iklim RW 07 Atasi Permasalahan Lingkungan
Lubang Biopori Kampung Iklim RW 07 Atasi Permasalahan Lingkungan

Lingkungan RW 07 Perumahan Benua Hijau Kelurahan Pabuaran Tumpeng Kecamatan Karawaci menerima penghargaan sebagai Kampung Iklim tingkat nasional oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada Senin(05/11).

Apresiasi itu diberikan lantaran masyarakat setempat aktif menyelesaikan permasalahan lingkungan salah satunya membangun lubang biopori.

Lurah Pabuaran Tumpeng, Ujang mengatakan, lubang biopori yang dibangun bersama oleh warga di seluruh wilayah RW 07 mampu mengurangi genangan yang kerap terjadi saat hujan turun. Selain itu Pemkot Tangerang juga membangun lubang biopori berukuran jumbo di permukiman.

"Masalah lingkungan disini banjir, Kehadiran lubang biopori mampu mempercepat resapan air hujan," ujarnya.

Dia menambahkan kehadiran lubang biopori berbagai ukuran yang dibangun oleh warga turut mendukung upaya Pemkot Tangerang dalam mengatasi permasalahan lingkungan.

Seperti normalisasi saluran air dan drainase disekitar perumahan yang dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum. "Ada sekitar 50 lebih lubang biopori yang signifikan mengatasi genangan dan banjir," ujarnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang, Engkos Zarkasi menuturkan, lubang biopori bertujuan mengurangi genangan air dipermukiman.

Pemkot Tangerang telah mencanangkan seribu lubang biopori diberbagai lokasi selain dipermukiman juga di sekolah, perkantoran dan gedung pemerintah.

"Lubang biopori salah satu upaya mengatasi permasalahan lingkungan dalam program kampung iklim selain ada program lainnya seperti pengolahan sampah, instalasi air limbah domestik dan lainnya," kata dia.



Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!