Kamis, 1 November 2018 00:00 WIB | Dibaca : 387
Babar Bahagia, Efektif Tekan Angka Kematian Bayi
Babar Bahagia, Efektif Tekan Angka Kematian Bayi

Untuk melayani kesehatan ibu hamil dan membantu proses persalinannya, Dinas Kesehatan Kota Tangerang menyediakan program Babar Bahagia.

Layanan kesehatan ini pun gratis. Mereka hanya perlu melengkapi berkas yang diminta seperti foto copy Surat Nikah, dan Kartu Keluarga, bahkan mereka akan mendapatkan akte kelahiran dan Kartu Keluarga yang baru.

"Ini adalah bagian dari upaya pemkot memberikan layanan kesehatan yang paripurna dan mewujudkan Kota Sehat. Masyarakat yang mendapat pelayanan ini tidak dipungut biaya" ujar Kepala Dinkes Kota Tangerang, Lisa Puspadewi.

Lisa puspadewi menjelaskan, Babar Bahagia adalah singakatan dari program Bayi dan ibu cageur, Bawa Akte Kelahiran, Kartu Keluarga dan Kartu Indonesia Sehat.

"Pada program Babar Bahagia, proses persalinan dilaksanakan di Puskesmas bersalin. Dan juga proses persalinan berjalan secara normal," ungkapnya.

Ia mengungkapkan sebanyak 36 ribu bayi lahir dalam setiap tahunya dan semenjak adanya program Babar Bahagia ini penurunan angka kematian bayi pada 2018 menurun signifikan.

“Alhamdulillah penurunan angka kematian cukup signifikan yakni dari 19 anak menjadi 5 anak,” ungkapnya.

Ia pun berharap kedepannya semua anak Kota Tangerang lahir sehat, punya dokumen Akta Kelahiran, Kartu Keluarga serta jaminan kesehatan.

“Utamanya adalah sehat, karena dalam jiwa yang sehat maka anak-anak dapat bertumbuh kembang dengan baik mempermudah nantinya mereka pergunakan untuk sekolah dan yang pastinya anak anak yang lahir khususnya di kota tangetang harus sehat, dan hidup di lingkungan yang sehat," harapnya.



Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!