Kamis, 25 Oktober 2018 00:00 WIB | Dibaca : 1666
Dengan Program IVA, PKK Lakukan Pencegahan Kanker Serviks
Dengan Program IVA, PKK Lakukan Pencegahan Kanker Serviks
Dengan Program IVA, PKK Lakukan Pencegahan Kanker Serviks

Dalam mencegah kanker serviks, Tim penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Tangerang melakukan program Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) Test.

Ketua pokja 4 Trina Dafiyar, mengatakan Tujuan dari pada pemeriksaan IVA ini adalah untuk mengetahui atau mendeteksi adanya kanker leher Rahim atau kanker mulut rahim.

"Jenis kanker ini sering terjadi pada wanita dan juga penyebab kematian nomor satu dari jenis kanker yang menyerang wanita," paparnya.

Adapun peran PKK Kota Tangerang dalam pengobatan terapi kanker, PKK bekerjasama dengan Puskesmas melakukan pendampingan dan pemeriksaan dengan mendatangi langsung ke masyarakat.

“Upaya pencegahan terus kami upayakan, dengan terus melakukan sosialisasi serta pemeriksaan agar masyarakat Kota Tangerang senantiasa sehat dan semakin peduli terhadap kesehatannya, terutama kesehatan leher rahim,” ucapnya

Ia juga mengatakan peningkatan kualitas kesehatan perempuan yang dilaksanakan melalui kegiatan IVA Test di Kota Tangerang, melalui deteksi metode IVA diharapkan dapat semakin meminimalisir penyakit kanker serviks.

Trina Dafiyar menambahkan, Kota Tangerang juga mewakili Provinsi Banten memenangkan juara 3 tingkat Nasional dalam lomba Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) Test yang dinilai di Puskesmas Kecamatan Cipondoh pada bulan Agustus 2017 lalu.

"Alhamdulillah kami memenangkan juara 3 tingakat nasional dalam lomba Iva test ini, semoga dengan adanya iva tes ini dapat meminimalisir kangker tersebut" tambahnya.



Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!